Tingkatkan Minat Baca, Jasindo Dirikan Kampung Baca


Giri Menang, KM. Dua unit kontainer berukuran 20 feet, berdiri di halaman depan taman Kota Sandik, Kecamatan Batulayar-Lombok Barat. Kontainer berwarna kuning mencolok itu, ternyata disulap menyerupai ruang kelas. Di dalamnya ada sekumpulan buku, berjejer rapi di atas rak yang sudah disediakan. Bahkan, disetiap ruangan container pun difasilitasi pendingin ruangan (AC). Tulisan "Kampung Baca Jasindo" terpampang cukup jelas di kedua kontainer itu.


Kampung Baca Jasindo, merupakan sebuah wadah literasi bagi anak-anak yang tinggal di sekitarnya. Kampung Baca yang didirikan oleh PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) Persero, bekerjasama dengan Yayasan Inspirasi Anak Bangsa (YIAB) dan Pemkab Lombok Barat.

Di Kabupaten Lombok Barat, PT. Jasindo mendirikan Kampung Baca di dua lokasi, yakni di Halaman Kantor Desa Rumak, Kecamatan Kediri, dan di Halaman Taman Kota Sandik- Kecamatan Batulayar.

Masing-masing lokasi mendapat dua unit container. Fungsikan untuk ruang belajar dan pustaka baca. Dengan desain yang menarik dan fasilitas memadai, diharapkan anak-anak tertarik dan bisa betah tinggal di ruangan. Konstruksi dan desain interiornya sudah dibuat sedemikian bagus, sehingga anak-anak tidak takut atau trauma jika berada di dalam ruang kelas untuk belajar.


"Ini Kampung Baca pertama berbasis kontainer yang kami buat. Ruang baca dan ruang kelasnya khusus untuk anak-anak dengan suasana yang berbeda untuk trauma healing," jelas Ketua Yayasan Inspirasi Anak Bangsa (YIAB), Eko Syahputra dalam acara peresmian Kampung Baca Jasindo di Taman Kota Sandik, Selasa (23/7).

Selain pengadaan ruang baca dan belajar, juga diberikan bantuan sarana prasarana lainnya, seperti penambahan buku bacaan dan sarana bermain.

Program tamanisasi di sekitar ruang belajar dan Pustaka Jasindo, diharapkan dapat menjadi salah satu bentuk aktivitas. Tujuannya untuk membantu trauma healing dalam bentuk positif. Jasindo juga memberikan pelatihan kepada 60 orang yang direkrut dari masyarakat Desa Sandik dan Desa Rumak.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru