Seleksi KSM Tingkat Kota Bima

Kota Bima, KM. Kantor Kementerian Agama Kota Bima menggelar seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Bima tahun 2019. Pelaksanaannya dilaksanakan pada, Sabtu pagi, 20/07/2019 di MAN 1 Kota Bima. Tema yang diusung adalah “Tingkatkan Integritas Sains dan Islam Menuju Madrasah Hebat Bermartabat”.   

KSM merupakan agenda tahunan Kementerian Agama untuk menyeleksi siswa-siswi berprestasi di bidang sains. Peserta KSM berasal dari berbagai sekolah di kota Bima, baik sekolah yang berlandaskan agama (madrasah) maupun sekolah umum yang ada di kota Bima.

Jumlah peserta sebanyak 241 orang, terdiri dari 58 orang untuk tingkat MI/SD, 81 orang untuk tingkat MTs/SMP, dan 102 orang untuk tingkat MA/SMA/SMK. Ada 11 ruangan yang digunakan, 2 ruang untuk tingkat MI/SD, 4 ruang untuk tingkat MTs/SMP, dan 5 ruang untuk tingkat MA/SMA/SMK.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bima yang diwakili oleh Kasubag TU Kantor Kemenag Kota Bima, H. Muhammad Safi’i, S.Pd. Dalam arahannya Kasubag menyatakan, seleksi KSM bertujuan untuk melihat potensi yang ada di madrasah. Karena KSM merupakan ajang untuk memilih siswa yang berprestasi.

Pelaksanaan KSM tingkat Provinsi NTB , tambah Safi’i, akan diadakan pada tanggal 15 Agustus 2019. Sedangkan pelaksanaan KSM tingkat Nasional akan diadakan pada September mendatang di Manado Sulawesi Utara.     

Peringkat 1, 2, dan 3 akan menjadi utusan kota Bima ke provinsi. Insyaa Allah, saya harap ada perwakilan dari kota Bima yang mewakili Prov. NTB ke tingkat Nasional”, terang Safi’i dihadapan ratusan peserta dan pembina.    

Penanggung jawab pelaksanaan KSM tingkat kota Bima yang merupakan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kota Bima, Mahmud, SH, memberikan keterangan saat ditemui di lokasi lomba. Bentuk soal berupa pilihan ganda. Semua soal terintegrasi, soal mata pelajaran umum digabungkan menjadi satu bundel dengan soal mata pelajaran Agama Islam.

Mata pelajaran yang dilombakan untuk tingkat MI/SD ada 2 mata pelajaran, yakni Matematika terintegrasi Agama Islam dan IPA terintegrasi Agama Islam. Waktu pengerjaan soal selama 90 menit.

Untuk tingkat MTs/SMP ada 3 mata pelajaran, yakni Matematika terintegrasi Agama Islam, Biologi terintegrasi Agama Islam, serta Fisika terintegrasi Agama Islam. Waktu pengerjaan soal selama 90 menit.  

Sementara itu, mata pelajaran yang dilombakan untuk tingkat MA/SMA ada 6 mata pelajaran, yakni Matematika terintegrasi Agama Islam, Biologi terintegrasi Agama Islam, Fisika terintegrasi Agama Islam, Kimia terintegrasi Agama Islam, Ekonomi terintegrasi Agama Islam, serta Geografi terintegrasi Agama Islam. Waktu pengerjaan soal selama 120 menit.

Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan setelah tim koreksi selesai mengoreksi semua lembar jawaban peserta”, pungkasnya.   (NR)

 

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru