Lomba Kreativitas Siswa Baru Man 2 Kota Bima

Kota Bima, KM. Siswa baru MAN 2 Kota Bima mengikuti berbagai lomba kreativitas saat Masa Orientasi Madrasah (MOM). Kegiatan yang digelar di lapangan madrasah setempat berlangsung sangat meriah. Mata lomba terdiri dari: Tartil, Tilawah, Syarhil Qur’an, Ceramah, Pidato, Puisi, Drama Parodi, Yel-yel, serta Senam. Kegiatan lomba  dilaksanakan pada Sabtu malam (06/07) dan dilanjutkan pada Ahad pagi (07/07).

Jumlah siswa baru sebanyak 450 orang dibagi ke dalam 11 gugus. Masing-masing gugus saling unjuk bakat dan kreativitas menjadi yang terbaik. Setiap gugus didampingi masing-masing koordinator lapangan yang merupakan panitia MOM. Seluruh panitia MOM merupakan anggota OSIS.

MOM Siswa Baru Tahun Pelajaran 2019/2020 ini mengusung tema “Melalui Masa Orientasi Madrasah (MOM) Menjadikan Siswa Yang Memiliki Daya Kreatif, Inovatif, dan Berprestasi, Dengan Memiliki Akhlak Mulia Dalam Menciptakan Madrasah Hebat dan Bermartabat”.  

Ahmad Ghazali, S.Ag, Ketua Panitia MOM menyatakan, berbagai lomba ini bertujuan agar siswa baru dapat meng-eksplore potensi yang dimiliki sebagai dasar untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MAN 2 Kota Bima. Sehingga menjadi tolok ukur siswa maupun pembina untuk mengarahkan potensi yang dimiliki.

Nantinya siswa akan tahu potensi apa yang dimilikinya. Ekstrakurikuler apa yang sesuai dengan minat dan bakat”, ungkap Ahmad Ghazali.

Disamping itu, tambahnya, memberikan pengenalan kepada siswa baru tentang peraturan di MAN 2 Kota Bima. Peraturan yang paling mendasar adalah disiplin. Manfaat lainnya adalah pemberdayaan panitia MOM, mendapatkan ilmu sehingga saat turun di masyarakat sudah siap dengan ilmu yang ada. “Tali silaturrahim antara junior dan senior terjalin erat karena adanya sistim kekeluargaan”, lanjutnya.   

Saat kegiatan lomba, tampak hadir wali siswa baru yang datang menyaksikan anaknya unjuk bakat. Arman, S.Pd, seorang guru yang bertugas di Sidrap Makassar datang menyaksikan betapa meriah dan serunya lomba kreativitas siswa baru tersebut. Ia mengungkapkan rasa kagumnya terhadap kreativitas panitia MOM sehingga potensi siswa yang baru masuk di MAN 2 Kota Bima langsung terlihat dengan adanya berbagai perlombaan. Katanya, kegiatan seperti ini akan diterapkan di sekolah tempatnya mengajar di Sidrap Makassar nantinya.

Bagi gugus yang memperoleh poin tertinggi dan berhasil menampilkan yang terbaik, panitia menyediakan hadiah. Pembagian hadiah dilaksanakan saat penutupan kegiatan MOM, Ahad sore (07/07/2019) di lapangan madrasah setempat dan disaksikan oleh seluruh panitia serta orang tua siswa baru yang datang menyaksikan aksi anak-anaknya.   (NR)

    

  

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru