Ponpes Al-Qur'An Nurul Hidayah,cahaya Dari Balik Bukit.

Lembar KIM,-Pondok Pesantren Al-Qur'an Nurul Hidayah,merupakan salah satu Ponpes yang terletak di Dusun Lendang Andus Desa Labuan Tereng Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat.

Pondok pesantren yang di rintis oleh TGH.Nuril Anwar ini berdiri sejak tahun 1993.Berawal dari sebuah lembaga Pendidikan Diniyah.Kini Ponpes ini telah mengelola Lembaga MTS dan MA.

Terletak di daerah yang cukup terpencil,namun tak membuat yayasan ini sepi dari prestasi.Ada puluhan piala dengan kategori juara berjejer sebagai buktinya.

Piala-piala tersebut di kumpulkan hasil torehan prestasi para santri ponpes tersebut.Di peroleh di berbagai lomba seni baca Al-Qur'an atau Tilawah,juga Tahfiz,Tartil dan Syarhil.Dari MTQ Tingkat Kabupaten Lombok Barat,hingga Tingkat Provinsi NTB.I

tulah yang membuat Ponpes Al-Qur'an Nurul Hidayah menjadi favorit para orang tua sebagai tempat mondok anak-anaknya untuk memperdalam ilmu Al-Qur'an.

"Untuk tahun ajaran baru ini,kami cukup menerima sebanyak 85 orang santri saja,karena kami kekurangan asrama dan ruang kelas,"kata Ust.Mahwan,S.Pd, Pembina ponpes ini.Beliau merupakan putra pertama dari TGH.Nuril Anwar,atau yang lebih di kenal dengan sebutan Tuan Guru Noar.

"Sebenarnya target kami hanya menerima 40 orang santri, "Lanjut Mahwan kepada KIM Sekotong ketika berkunjung ke Ponpes tersebut.Sabtu 06 Juli 2019.

Karena saat ini adalah waktu libur sekolah,suasana pondok tampak sepi.Hanya beberapa orang santri saja yang masih tinggal di Pondok.

"Saya lebih senang di sini daripada di rumah,"kata salah seorang santri asal Dusun Selindungan Kecamatan Sekotong.

Untuk sampai ke lokasi Pondok Pesantren Al-Qur'an Nurul Hidayah,kita masuk lewat tanjakan gerepek ke arah barat.Sekitar 2 kilometer dari Jalan Raya Lembar-Sekotong.

Akses jalan cukup  bagus,beraspal.Hanya untuk menuju lokasi ponpes,kita akan melewati jalan beton sepanjang 500 meter dari jalan aspal.

Ponpes Nurul Hidayah berada di antara lereng-lereng perbukitan.Beberapa bangunan pondok terlihat cukup bagus.Terdapat fasilitas aula sebagai tempat mengaji yang cukup luas.

"Sebenarnya ini akan di jadikan Musholla,karena ada yang menjanjikan.Tetapi sampai sekarang belum ada kabar.Jadi terpaksa dengan inisiatif wali santri secara bergotong royong membuatnya jadi aula seperti ini,"cerita Ust.Mahwan (44 Tahun).

Itulah sekelumit gambaran Ponpes Al-Qur'an Nurul Hidayah Lombok Barat.

Apa  program,bagaimana proses belajar mengajar,darimana saja asal santri dan apa kendala serta harapan pendiri pondok ?.Akan kami ulas dalam tulisan berikutnya.(sid).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru