UNBK Selesai, Proktor Merasa Lega

Sumbawa Besar_Proktor merupakan bagian penting dalam penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), selain teknisi dan Pengawas ruangan. Seorang proktor tidak hanya sebatas memandu peserta ujian dalam menyelesaikan tugasnya , namun proktor memiliki tugas yang sangat komplit yakni dimulai dari memvalidasi peserta ujian sampai menseting server dan clien, karena ujian tersebut memakai media komputer atau diistilahkan Computer Based Test (CBT). Pemanfaatan komputer sebagai media ujian di MTsN 1 Sumbawa Tahun Pelajaran 2018/2019 ini dimulai sejak bulan November dan berakhir pada kegiatan UNBK Kamis,29/04/2019.

Proktor Mahar Ismail, S.PdI dan Sri Wahyuni, S.Pd merasa lega setelah melewati hari-hari tersebut di depan monitor, betapa tidak kedua proktor MTsN 1 Sumbawa harus stand by setiap kali media komputer digunakan untuk ujian. Terkadang lelah dan penat terasa saat terus-menerus duduk melihat monitor saja, terlebih lagi sejak pagi hingga sore harus standby memandu peserta ujian baik dari pengisian identitas, saat mulai ujian, saat sedang ujian bahkan sampai berakhirnya ujianpun harus tetap berada di depan komputer guna mengupload data dan lain-lainnya” ucap Proktor Yuni . Adapun kegiatan ujian yang membutuhkan media komputer berlangsung sekitar lima bulan yang di awali oleh beberapa tahapan simulasi, dilanjutkan dengan pelaksanaan UAMBN-BK, USBK dan terakhir UNBK dari hari Senin, 22 April - 25 April 2019.

Pekerjaan sebagai proktor tidak bisa di ambil alih oleh sembarangan orang, karena seorang proktor harus mampu menguasai komputer dan IT, terlebih lagi ujian kali ini memakai perangkat lunak yakni komputer yang tersambung dengan internet. Terima kasih kami sampaikan kepada kita semua atas partisipasi dalam mensukseskan kegiatan ujian siswa kita kelas tiga, baik dari pelaksanaan simulasi yang di gelar beberapa kali, di susul kemudian dengan pelaksanaa UAMBK, USBK dan UNBK. Semua yang kita laksanakan tidak akan berjalan sesui rencana tanpa ada kerjasama kita semua.

Terlebih kepada kita semua yang sudah ikhlas meminjamkan notbook atau laptop atau apa saja yang terkait dengan pelaksanaan ujian. Dan lebih khusus kami berikan apresiasi kepada proktor Mahar Ismail dan Sri Wahyuni yang telah bekerja tanpa kenal waktu dan batas yang di mulai dari persiapan media, penyetingan IT, sinkronisasi data sehingga perangkat bisa terkoneksi dengan baik” Tandas Kamad Madrasah Adiat Hasan.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru