Mengenal Nilai Perjuangan Kartini Sejak Dini

Sumbawa Barat. Kampung Media - Peringatan Hari Kartini digelar dengan semarak di Taman Kanak-kanak (TK) Negeri 3 Kecamatan Taliwang. Fatmawaty,  Kepala Sekolah TK Negeri 3 Taliwang, mengajak murid didiknya untuk belajar dari perjuangan Raden Ajeng (RA) Kartini. Menurut Fatmawaty, perjuangan dan semangat RA Kartini dimasanya bisa dicontoh oleh anak-anak dan wanita pada masa kini.

“Mungkin Kartini sudah tiada, namun semangat juangnya tidak boleh padam begitu saja, maju terus para Kartini muda masa depan bangsa" Ucap Fatmawaty saat memberikan pidato pada upacara peringatan hari Kartini di lapangan upacara TK Negeri 3 Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, Senin (22/4/2019).

Sebagai Kepala Sekolah, Fatmawaty, ingin muridnya menjadi orang-orang yang cerdas dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara ketika mereka dewasa nanti. Layaknya Kartini, Pahlawan Nasional yang memperjuangkan hak-hak wanita. Peran serta orang tua juga sangat penting untuk mengajarkan anak-anak tentang perjuangan sedini mungkin.

“Mudah-mudahan anak-anak kita ini menjadi Kartini masa depan yang cerdas dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.” Tambah Fatmawaty.

Menurutnya, Kartinilah yang membuat kaum wanita bisa mandiri bangkit dan berjuang, tidak dipandang sebelah mata oleh laki-laki. Hal ini akan diajarkan kepada anak-anak murid TK Negeri III Taliwang,  sehingga dengan mengenalkan kepada mereka nilai-nilai perjuangan sejak dini maka akan tertanam kepada mereka hingga dewasa.

“Pesan saya tidak lain saya ingin mereka menjadi manusia yang beriman dan berakhlak mulia, mengikuti semangat perjuangan RA Kartini, rajin belajar sehingga mereka menjadi pintar dan cerdas untuk bangsa dan negara.” Harapnya.

Selain mengenalkan perjuangan kartini, tambah Fatmawaty, anak-anak juga diberikan kegiatan lapangan atau praktek lapangan sesuai dengan tema pelajaran yang dipelajari. Hal ini akan membentuk karakter anak lebih baik, mendekatkan mereka kepada alam, serta memberikan pelajaran yang nyata sesuai dengan teori di kelas.

Salah satu keunikan yang ditemukan pada peringatan hari Kartini yang berbeda dengan tahun lalu di TK Negeri 3 Taliwang ini adalah pakaian para guru yang memakai kebaya merah putih. “Sengaja kami gunakan kebaya warna merah dan putih ini untuk menambah semangat kebangsaan dan cinta tanah air anak-anak untuk Indonesia tercinta.” Kata Fatmawaty. (Feryal/tifa).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru