Sekolah Bambu Solusi Nyaman Siswa Belajar

Lombok Utara,KM-Program Directur INOVASI Mark Heyward menyerahkan 13 unit Sekolah Bambu kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Utara Jumat, (5/04/19).

Kegiatan ini bertempat di SDN 8 Sokong, acara ini juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Utara, Kepala UPTD Tanjung, Kepala UPTD Pemenang, Pengawas, para kepala sekolah dan Provincial Manager INOVASI NTB Edy Herianto.

Dalam sambutannya Mark Heyward menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Utara atas kerjsasamanya, sehingga pembangunan sekolah bambu tersebut bisa diselesaikan dengan baik. Sejak 2017 INOVASI telah bekerja membantu Kabupaten Lombok Utara dalam peningkatan mutu pendidikan dasar.

:Awalnya INOVASI hanya berfokus pada peningkatan mutu pendidikan. Namun gempa yang terjadi di Lombok Utara tanggal 5 Agustus 2018 lalu membuat INOVASI harus berfikir membantu pembangunan sekolah, agar anak-anak segera kembali ke sekolah.

Bangunan bambu dipilih karena dianggap lebih nyaman dan aman daripada sekolah darurat yang terbentuk dari rangka baja. Sekolah bambu ini dimaksudkan agar anak-anak lebih nyaman dalam belajar, dan mereka tidak takut lagi ketika ada gempa karena sudah didesain aman dari gempa, kata Provincial Manager INOVASI NTB Edy Herianto.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Dr. Fauzan menyampaikan terimakasih kepada INOVASI atas semua upaya yang dilakukan dalam membantu peningkatan pendidikan di Lombok Utara. Beberapa trobosan program yang dilakukan oleh INOVASI seperti Guru BAIK (Belajar, Aspiratif, Inklusif dan Kontekstual), Program PELITA (Pembelajaran Literasi Tingkat Awal) telah memberikan dampak yang siginifikan pada sekolah-sekolah sasaran INOVASI, Katanya.
INOVASI Mendukung Pendidikan Berkeadilan
Dukungan terhadap sekolah tidak hanya diberikan kepada sekolah negeri. Tetapi juga kepda sekolah madrasah. 13 Sekolah-sekolah yang mendapatkan bantuan Sekolah Bambu ini adalah SDN 1 Malaka, SDN 2 Malaka, SDN 5 Malaka, SDN 6 Malaka, SDN 3 Pemenang Barat, SDN 8 Sokong, MI Hidayaturrahman NW Menggala, MI Syamsul Huda Lekok, MI Ijtihadul Islamiyah Karang Kendal, MI Riyadul Jannah NW Penjor, MI Nurul Hodayah NW Rempek dan Kantor UPTD Tanjung.
Sejak awal INOVASI telah memberikan dukungan kepada sekolah-sekolah swasta. Mereka semua terlibat dalam dukungan program INOVASI. Ini tentu saja untuk mendukung Program Bupati Lombok Utara dalam mewujudkan pendidikan berkeadilan di Lombok Utara, Kata District Facilitator INOVASI KLU Anhar Putra Iswanto.
Selain pembangunan sekolah INOVASI juga melakukan berbagai pelatihan, diantaranya Program Guru BAIK, PELITA, Formative Assesment, Program Gema Literasi dan Program Saya Suka Membaca. Fokus program INOVASI adalah peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru