Konseling Sebaya Solusi Cemerlang Ciptakan Generasi Gemilang

Sumbawa Barat. Diskominfo - Perkembangan teknologi dan informasi di era globalisasi semakin pesat sehingga memicu terjadinya berbagai problematika dalam kehidupan kalangan remaja khususnya di Kabupaten Sumbawa Barat.
Dalam meningkatkan potensi remaja di bidang konseling Dinas Pengendalian Penduduk keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Sumbawa Barat bekerja sama dengan Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Provinsi Nusa Tenggara Barat telah melaksanakan kegiatan bimbingan teknik terkait pengembangan pusat informasi konseling remaja di sekolah-sekolah.

Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi NTB, Drs. H. Imhal, saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Kamis (28/2) menyampaikan bahwasannya Kabupaten Sumbawa Barat diharapkan mampu menjadi kabupaten percontohan baik itu dari segi Konseling, Dialog Warga, dan Perlindungan anak dan perempuan. Maka dari itu diharapkan adanya program-program masukan untuk tingkat provinsi sehingga dalam waktu dekat dapat direalisasikan.

Selain itu, H. Imhal juga menghimbau untuk dapat mengurutkan berbagai program yang ada berdasarkan prioritas khususnya Konseling Sebaya. Hal itu dikarenakan tidak luput dari Sumber Daya Manusia yang ada di KSB.
Dengan adanya program Konseling Sebaya ini, diharapkan dapat menyelesaikan problematika kehidupan dunia remaja tanpa harus takut dengan status sosial yang ada dilingkup pendidikan, karena siswa cenderung lebih tertutup dalam menyampaikan informasi kepada guru dibandingkan kepada teman sebaya.

Guna mendukung perkembangan konseling sebaya yang sudah terbentuk di sekolah, pihak sekolah berharap adanya beberapa dukungan sarana dan prasarana dari pemerintah provinsi seperti Apotek sehat, Ruang khusus konseling, dan hal-hal yang menunjang proses konseling sebaya di lingkup pendidikan sehingga pihak guru dan siswa yang terlibat di dalamnya mampu memberikan hasil yang optimal baik itu untuk sekolah, Pemerintah Kabupaten, maupun pemerintah Provinsi NTB. feryal/tifa/ika.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru