Penyusunan Soal USBN

Bertempat di ruang Laboratorium Komputer MAN 1 Sumbawa berlangsung rapat penyusunan soal USBN, ini merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN. Kisi-kisi UN dan USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi dan kurikulum yang berlaku selanjutnya menjadi acuan untuk menyusun indikator soal, mengembangkan dan menyusun naskah soal UN dan USBN, 08/02/2019.

Hadir pada rapat penyusunan soal tersebut dari Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa, Madrasah Aliyah Negeri 2 Sumbawa, Madrasah Aliyah Negeri 3 Sumbawa, Kepala Madrasah Swasta , MA Lab. Liang,MA Darul Muttaqin Jotang, MA Padasuka Lunyuk,MA Al Muthmainnah Leseng,MA Baturotok,MA Al Ikhlas Sering,MA Nurul Iman Pulau Medang, MA Al Hikmah Utan,MA Bahrul Ulum ,MA NW Alas Barat,MA Nw Samawa Sumbawa Besar

Dalam pengantar yang disampaikan oleh Kepala MAN 1 Sumbawa, bahwa Kepala MAN 1 Sumbawa telah mengikuti Sosialisasi dan Koordinasi persiapan pelaksanaan UN,UAMBN MTs/MA tahun pelajaran : 2018/2019 pada tanggal 6 dan 7 Pebruari 2019 di Mataram dan pada hari ini tanggal 8 Pebruari 2019 dan mensosialisasikan kembali kepada Guru guru Madrasah di wilayah se-Kabupaten Sumbawa Dalam sosialisasi penyusunan soal USBN seharusnya dilaksanakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa cq Kasi Pendidikan Madrasah namun pihak Kemenag berhalangan hadir sehingga rapat dipimpin oleh Kepala MAN 1 Sumbawa, dan MAN 1 Sumbawa menyiapkan tempat kegiatan , dan kami telah membuat surat undangan sosialisasi tanggal,2 Pebruari 2019 no. B/101/Ma.19.07/PP.00.6/02/2019 yang ditujukan kepada Kepala MAN/MAS perihal Undangan penyusunan USBN tahun 2019 namun masih ada guru Madrasah yang berhalangan hadir, padahal jauh jauh sebelumnya kami surati.


Kepala MAN 1 Sumbawa menyampaikan terima kasih atas kehadiran bapak ibu guru dari masing masing Madrasah baik negeri maupun swasta yang telah memenuhi undangan kami , dan bagi Madrasah yang tidak hadir diharapkan agar Madrasah lain yang hadir dalam acara sosialisasi mengingat pelaksanaan ujian sekolah dalam waktu yang tidak lama lagi. Lebih lanjut Kepala MAN 1 Sumbawa menyampaikan bahwa dalam menyusun soal-soal USBN ini diminta kepada seluruh guru / Peserta untuk menyusunnya secara cermat dan teliti agar terhindar dari kesalahan untuk mendapatkan naskah ujian yang berkualitas, Mari kita berhati-hati dalam penyusunan soal, sehinga tidak menimbulkan permasalahan dan diharap untuk tidak lepas dari pedoman dan juknis .

Adapun penyusunan soal mata pelajaran yang di USBN kan adalah : mapel PKN, Bahasa Indonesia,Bahasa Inggris,Matematika,Sejarah Indoesia,Penjaskes,Seni budaya,Pra karya,Fisika,Kimia, Biologi,Sosiologi,Geografi,Ekonomi, Bahasa Arab,Akhlak,Aqidah akhlak,Ilmu kalam,Tafsir Ilmu Tafsir,Hadits Ilmu Hadits dan Fiqh ilmu fiqh. Kegiatan ini selain untuk mengukur capaian kompetensi siswa, juga ditujukan sebagai penilaian dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP), meningkatkan mutu ujian madrasah, dan untuk meningkatkan kompetensi Guru.



Dalam pertemuan ini dirumuskan untuk membentuk kelompok dalam penyusunan soal sesuai mata pelajaran dan diberi waktu 8 hari untuk menyelesaikan penyusunan soal sesuai kelompok dan pada tanggal 16 Pebruari 2019 mendatang akan diadakan pertemuan final hasil penyusunan soal bertempat di MAN 1 Sumbawa dan diharapkan penyusunan soal USBN baik untuk Madrasah Negeri atau Swasta dengan soal yang sama sehingga pelaksanaan USBN tidak membedakan soal yang ada di Madrasah Negeri maupun Swasta tidak ada bedanya.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru