Masyarakat Perlu Diedukasi dan Diapresiasi

Melalui kegiatan gotong royong yang berlangsung di Dusun Wadon Daye, Gunung Sari, Lombok Barat pada Sabtu, 15 September 2018, Lembaga Genius memberi apresiasi kepada anak-anak pengungsi korban gempa yang terlibat dalam kegiatan World Clean Up Day. Apresiasi tersebut melalui pemberian reward berupa Sarung, Sanitasi Perempuan, Selimut, dan Makanan, kepada anak-anak yang paling banyak mengumpulkan sampah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dorongan kepada anak-anak agar peduli lingkungan.

Dhani Pradita selaku Koordinator gotong royong mengatakan, anak-anak yang diajak terlibat dalam kegiatan sosial tidak sekedar ajakan. "Ketika anak-anak dilibatkan kami memberikan hadiah kecil-kecilan, sebagai apresiasi atas partisipasi mereka dalam kegiatan sosial. Kami menyesuaikan dengan mental anak-anak", katanya usai menyemangati anak-anak di Wadon Daye sekaligus membagi hadiah.

Sampah memang kini menjadi masalah yang serius di tengah masyarakat. Kesulitan  mengatur sampah di lingkungan masyarakat ini dirasakan oleh pengelolah sampah setempat. Paejul Bayani selaku pengelola sampah mengatakan, "memang dari dulu mengatur sampah ini masih sulit. Terutama kesadaran masing-masing masyarakat membuang sampah pada tempatnya", keluhnya.

Namun dengan adanya kegiatan yang diinisiasi oleh Lembaga Genius,  Lembaga Rowot Nusantara Lombok, LBH Gravitasi, DPD Hiski NTB, CV. Karya Kencana sangat membantu kesulitan demikian. "Kami sangat bersyukur dengan kegiatan ini. Masyarakat diedukasi langsung", tuturnya.

Sementara Wahyudin juga salah satu Tim Genius berharap kegiatan ini harus menjadi pemicu sensitifitasnya  anak-anak terhadap kebersihan lingkungan. Kepada orang tua lebih memahami arah yang baik membuang sampah. "Anak-anak juga agar saling menyemangati satu sama lain, dan belajar melalui kegiatan ini. Kemudian yang terpenting adalah para pelaku pengelola sampah di sini  melanjutkan semangat yang kita bangun lewat kegiatan ini", harap pria yang akrab dengan Pelo. (#MS)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru