KSB Launching Gernas Baku

Sumbawa Barat - Kominfo. Dalam rangka menumbuhkan minat baca pada anak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Gerakan ini merupakan bagian dari gerakan literasi nasional untuk menumbuhkan minat baca yang ditujukan kepada anak usia dini yang pada umumnya belum mampu membaca dalam rangka mendukung pengembangan kemampuan literasi anak melalui peran orang tua.

Pemerintah Daerah Sumbawa Barat turut memperingati dan mengapresiasi Gerakan Nasional ini pada upacara Peringatan Hardiknas yang dituangkan pada visual gerak yang ditampilkan oleh 100 anak TK dan Paud Se-KSB di lapangan upacara Graha Fitrah Kantor Bupati Sumbawa Barat, Senin (7/5/2018).

"Konsep kostum dipasang koran yang digulung pada bagian roknya, mencerminkan gerakan nasional orang tua membacakan buku, dipadukan dengan baju merah putih melambangkan bendera Indonesia," ungkap Pipin Rianto yang menjadi penata gerak dan lagu Gernas Baku.

Selanjutnya, Pipin mengatakan, penampilan gerak yang ditampilkan oleh 100 orang anak tersebut sebelumnya dilatih dan dipersiapkan selama tiga minggu sebelum tampil, semua gerakan yang ditampilkan mencerminkan gerakan membaca dan menyusun buku.

Dalam acara peringatan Hardiknas tersebut, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM mengatakan, peringatan Hardiknas tahun ini dijadikan momentum untuk melakukan refleksi pada usaha yang telah diperjuangkan di bidang pendidikan.

"Dalam waktu yang bersamaan kita terawang kedepan untuk membuat proyeksi tentang Pendidikan Nasional yang kita cita-citakan, guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional," tuturnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan, berkomitmen untuk terus berusaha keras dengan memperluas akses pendidikan yang berkualitas, agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat, disisi lain melalui gerakan membaca ini kita bisa menunjukan pada dunia bahwa indonesia adalah negara yang kaya raya dalam hal budaya dan pendidikan. KominfoFer/tifa/rangga.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru