Pengawas Ujung Tombak Dunia Pendidikan

Infosumbawa.com _ Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Nasruddin.membuka secara resmi Workshop Supervisi Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013 bagi Pengawas PAI Tahun 2018 yang dilaksanakan dari tanggal 2-4 Mei 2018 bertempat di Mataram Square Hotel Kegiatan penilaian kurikulun 2013 untuk memberikan pengetahuan dan keahlian, keterampilan pengawas dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengawas Pendidikan Agama Islam ( PAI ) sessuai dengan standar kompetensi yang dipersyaratkan pada kurikulum 2013.

Dalam sambutannya Kakanwil menyampaikan bahwa pengawas merupakan orang yang mampu memberikan bimbingan pembinaan kepada guru dalam meningkatkan proses belajar mengajar di sekolah-sekolah umum sesuai dengan amanat Mendikbud pada Hardiknas saat ini bahwa pengawas untuk membangun dunia pendidikan termasuk guru dan orang tua.

H. Nasruddin juga menegaskan pengawas merupakan mentor yang membentuk dan memperkuat dunia pendidikan keberadaan pengawas sangat penting memajukan dunia pendidikan baik di sekolah umum maupun di madrasah-madrasah pengawas harus mencari inovasi-inovasi untuk menerapkan tugas di lapangan di laksanakan secara baik, benar dan berkualitas sesuai dengan kurikulum yang ada, pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang anggaran untuk meningkatkan proses belajar mengajar dari jenjang dasar sampi jenjang menengah atas.,kurikulum 2013 sangat penting dalam pengembangan proses belajar mengajar di sekolah umum mata pelajaran pendidikan agama islam memiliki kontribusi positif untuk membentuk dan mengembangkan watak, potensi dan akhlak bagi peserta didik sehingga menjadi manusia yang beriman bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa berilmu, cakap kreatif dan mandiri menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Lebih lanjut dikatakan pelaksanaan pembelajaran pengawas harus mampu meningkatkan pendidikan nasional, kebudayaan, ilmu pengetahuan serta tehnologi sistim pendidikan memberikan perubahan di masyarakat pendidikan merubah kearah yang lebih positif berharap kepada para pengawas dapat meningkatkan pelaksanaan untuk dapat mendorong dan membimbing para guru meningkatkan proses belajar mengajar pendidikan agama islam dan pelaksanaan kurikulum 2013 dengan baik dan berkulaitas sehingga peserta didik menjadi berkualitas kedepan. H. Nasruddin berharap para pengawas memahami supervisi akademik dalam pembelajaran PAI, memahami teori dan prinsip pembelajaran berbasis kurikulum 2013 membuat program pembelajaran PAI, memiliki persamaan wawasan, persamaan pelaporan. []

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru