Promosikan Arpusda Lewat Lomba Mewanrai


GERUNG-KM. Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lombok Barat (Lobar), sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Lobar menggelar kegiatan internalnya. Rabu (4/4) giliran kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Lobar menggelar lomba mewarnai. Sebanyak lebih dari dua ribu orang peserta mengikuti lomba ini. Kegiatan lomba berlangsung di halaman Arpus Daerah Lobar. Mereka berasal dari sekolah Dasar (SD), Taman Kanak-kanak (TK), dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Lombok Barat.


Kegiatan lomba, tidak hanya dalam rangka memeriahkan dan menyambut HUT kabuoaten Lobar ke 60, melainkan diupayakan untuk mempromosikan kantor Dinas Arpus agar keberadaannya semakin dikenal oleh masyarakat Lobar secara umum. Melalui lomba ini, diharapkan ke depan kantor Dinas Arpus menjadi sarana wisata anak-anak, termasuk melalui lomba ini dapat mencetak anak yang mandiri, aktif, kreatif, berbudaya dan agamis.


Kepala Dinas Arpus Lobar, H.Muhammad Yamil saat di konfirmasi KM mengatakan, kegiatan lomba ini merupakan lomba yang ke sembilan dari sepuluh mata lomba yang di lombakan. Kata dia, lomba mewarnai ini tiap tahun ini terus digelar. Dari tahun ke tahun, pesertanya terus meningkat. “Tahun 2018 ini pesertanya mencapai 2.403 orang, lebih banyak dari tahun 2017 lalu," ujarnya


Dikatakan Ketua RAPI Lobar ini, pihaknya selalu optimis pada tiap kegiatan yang diprogramkan. Semua ini lanjutnya, menjadi motivasi dan semangat untuk menjadikan Lobar yang cerdas dan berkualitas.

Duakui Yamil, sejak diberikan kepercayaan untuk berkiprah menjadi Kepala Dinas Arpus Lobar, pengunjung yang dating ke Arpus semakin tinggi, karena masyarakat tidak hanya sekedar mencari buku dan membaca, tetapi juga mereka datang untuk mencari reperensi melalui internet yang disiapkan secara gratis. Peningkatan kunjungan ini secara deatail dirinci Yamil. Tahun 2018 ini, dari target 22 ribu pengunjung, naik tiga kali lipat menjadi 243 ribu. Dari angka ini, ingklud termasuk kunjungan kerja dari luar daerah.

Yang menjadi pusat perhatian Yamil adalah, jika aplikasi baru nanti bisa dilaunching. Jika sudah dilaunching, maka Arpus akan semakin di kenal masyarakat. Alasannya, karena ada 350 Arpusda se Indonesia akan melihat perkembangan Arpusda Lobar. “Dengan aplikasi itu semua bisa belajar, termasuk daerah lain tidak perlu dating ke Arpus Lobar, cukup membuka aplikasi milik kita,” papar Yamil optimis.

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru