Mengabdi Padamu Negri

KM.Pondok Kalua - Serah Terima Mahasiswa KKN-Partisipatif (KKN-PAR) IAIH NW Pancor Di Desa Gondang 
Jumat (2/3) pukul 09.00 wita, 9 orang Mahasiswa dari berbagai Jurusan  Institut Agama Islam Hamzanwadi  (IAIH) Pancor tiba di Desa Gondang. Kehadiran 9 orang Mahasiswa ini dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Nyata Partisipatif (KKN-PAR) yang akan berlangsung selama 2 bulan sampai bulan April 2018 di desa Gondang.

Penyambutan Mahasiswa IAIH Pancor ini dilaksanakan di Aula Kantor Desa Gondang dan di sambut hangat oleh Bapak Sekdes Gondang Supriadi, S. Sos yang mewakili Kades Gondang, beserta jajaran aparat pemerintah desa Gondang.
Dalam sambutan pengantarnya, Dosen Pembimbing KKN IAIH ini, Awaludin Akbar, M. Pd mengatakan bahwa kehadiran  mahasiswa melalui program KKN ini diharapkan dapat mengaplikasikan segala ilmu yang telah didapat di bangku kuliah dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya di desa Gondang serta dapat meningkatkan dan menggali potensi lokal yang ada di Desa Gondang. Beliau juga menjelaskan bahwa sebelum di terjunkan ke lapangan, terlebih dahulu mahasiswa diberikan pembekalan di kampus, yaitu kampus IAIH Hamzanwadi di Pancor Lombok Timur.


“Pelaksanaan KKN ini merupakan salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. InshaAllah Selama dua bulan pelaksanaan KKN di desa Gondang, mahasiswa siap  memanfaatkan waktu yang tersedia ini untuk bersinergi dengan pemerintah desa dan masyarakat dalam mensukseskan program kerja pemerintah desa dan  akan selalu turut berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Semoga pihak Desa Gondang nantinya dapat menerima dan membimbing para mahasiswa ini dalam melaksanakan segala program yang akan dilaksanakan di desa Gondang” harapnya.

Lebih jauh beliau menjelaskan bahwa ada 4 pilar dalam program KKN-PAR ini, diantaranya Learning to know (belajar untuk mengetahui), Learning to do (belajar melakukan), Learning to be (belajar menjadi), dan Learning to life together (belajar hidup bersama). 
Sementara itu, Sekdes Gondang, Supriadi, S. Sos dalam sambutan penerimaan mengatakan bahwa Pemerintah Desa Gondang siap memberikan  bantuan dan pendampingan selama berlangsungnya Kegiatan KKN-PAR ini. Beliau berharap agar mahasiswa bisa menempatkan diri dengan baik di tengah-tengah masyarakat, karena tidak dapat dipungkiri bahwa di desa Gondang terdapat beberapa organisasi masyarakat seperti NW, NU, dan Muhammadiyah.
“Kegiatan  KKN  tentunya bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa  bagaimana menyikapi dinamika sosial kemasyarakatan  yang ada. Bagaimana Mahasiswa dapat berfikir secara komprehensif  terhadap dinamika yang ada, di samping itu, output yang diharapkan adalah KKN dapat menyiapkan dan membentuk kepribadian mahasiswa sebagai Kader Perubahan dalam masyarakat”, jelasnya.

Beliau berharap agar para mahasiswa dapat segera membuat time schedule program yang akan dilaksanakan nantinya di desa. “Kami minta kepada mahasiswa dalam menyusun program supaya program yang direncanakan adalah program yang ringan-ringan saja, tidak perlu merencanakan program yang berat yang membutuhkan  dana dan pikiran yang besar, sehingga semua program nantinya dapat terlaksana dengan baik”, harapnya.
Beliau menjelaskan bahwa KKN merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat, memberikan sumbangsih sesuai kapasitas keilmuan sebagai intelektual muda, memberikan masukan dan saran serta terobosan baru dalam memajukan lokasi kegiatan mereka, dalam hal ini adalah Desa Gondang.  Dalam dua bulan kedepan diharapkan mahasiswa akan menjadi warga Desa Gondang, suka atau tidak suka banyak hal baru yang akan ditemui dalam kehidupan bermasyarakat. Sekdes juga berharap mahasiswa dapat memahami dan mempelajari semua kearifan lokal yang ada dan menyesuaikan dengan Program Kerja yang akan dikejakan.

InsyaAllah masyarakat dan Pemerintah Desa akan siap memberikan bantuan dan pendampingan yang dibutuhkan.
Seluruh peserta KKN-PAR ini berasal dari lima program Pendidikan, yaitu Ekonomi Syariah, PAI, KPI, PGMI dan BKI. Adapun posko yang tempati oleh mahasiswa KKN-PAR ini berlokasi di Kantor Posyandu Dusun Karang Amor Desa Gondang. 
Daftar nama kelompok KKN-PAR Tahun Akademik 2017/2018 Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor Tahun 2018 adalah sebagai berikut:
1.    Zaenul Abidin (PAI)
2.    Tabrizi Tahir (PGMI)
3.    Padlinal Ihsan (KPI)
4.    Nurhasanah (BKI)
5.    Nurlan Ariani (ES)
6.    Mustika Dewi (PAI)
7.    Asyraful Umam (KPI)
8.    Misbah (ES)
9.    Ahmad Qusyairi (KPI)

(nong)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru