Mahasiswa Bina Darma Palembang Kunjungi Kampung Media


Sebanyak 119 orang Mahasiswa program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma Palembang Provinsi Sumatera Selatan melakukan kunjungan studi atau kunjungan industri ke Kampung Media Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk melihat dan mendengarkan secara langsung penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai masukan dan pengalaman bagi mahasiswa.

Koordinator Dosen Program Studi Sistim Informasi Fakultas Imu Komputer Universitas Bina Darma Palembang Provinsi Sumatera Selatan, Afriadi mengaku bahwa agenda ke Pulau Lombok Provinsi NTB merupakan salah satu bentuk pembelajaran dalam usaha meningkatkan kemampuan akademik dan wawasan mahasiswa terhadap industri teknologi informasi secara nyata.


“Kunjungan ke Kampung Media untuk melihat secara langsung penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai masukan dan pengalaman bagi mahasiswa,” kata Afriadi.

Dihadapan Mahasiswa, Kepala Kampung Media Fairuz Abadi menceritakan hulu hilir program Kampung Media hingga sukses meraih simpati masyarakat dan menjadi salah satu sosial media masyarakat NTB yang bertanggungjawab.

Keberadaan Kampung Media sudah memasuki 10 Tahun. Gagasan Membangun Kampung Media merupakan ide dan gagasan warga masyarakat NTB yang diawali masyarakat Kelurahan Pagutan Kota Mataram dan diajukan oleh Fairuz Abadi alias Abu Macel dengan nama Kampung Digital untuk menjadi sebuah perogram inovasi penyebarluasan informasi berbasis komunitas melalui Dishubkominfo NTB yang aktifitas dan kegiatannya menggunakan media internet.


“Saya awalnya binggung ingin menerobos kebuntuan, bagaimana masyarakat kita yang biasa bercerita dan bertutur membudayakannya dengan menulis. Awalnya saya berpikir bagaimana membangun sebuah media yang isinya untuk mengabarkan hal-hal yang baik dari kampung-kampung dengan biaya yag murah, karena kalau membangun media cetak mahal, sehingga munculah gagasan membangun Kampung Media ini,” jelas Fairuz.

Gagasan tersebut direspon positif dari Pemprov NTB. Tahun 2008, Gubernur NTB TGH menjadikannya progam terobosan penyebaran informasi dan tertuang dalam Peraturan Daerah Nusa Tenggara Barat Nomor 1 tahun 2009 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi NTB 2009 - 2013.


Pada tahun 2008, kami menggagas Kampung Media dengan turun dan mendatangi kampun-kampung, dusun-dusun dan desa-desa dari Kota Ampenan Pulau Lombok Kecamatan Sape Pulau Sumbaga, berkeliling memperkenalkan kampung Media.

Gubernur memerintahkan Dishubkominfo NTB untuk membuat komunitas Kampung Media di seluruh kecamatan dan menjadikannya program trobosan di bidang penyebarluasan informasi berbasis komunitas. Kampung Media awalnya dibentuk di Mataram NTB dengan target penyebarannya meliputi Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Dompu, Kota Bima dan Kabupaten Bima.

Banyak manfaat dari Kampung Media, Mengubah pola konsep pelayanan publik yang berjalan, yang mana agak sedikit formal dan kaku. Sehingga mengakibatkan kurangnya awareness public terhadap layanan-layanan tersebut. Pola tersebut diterjemahkan dalam system portal penulisan terbuka berbasis online  dengan konsep jurnalisme warga.

Sedangkan pemanfaatan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Kampung Media, setiap tahun, Kampung Media mengadakan pelatihan tentang teknologi Informasi, pelatihan penulisan dan memberian bantuan bagi warga Kampung Media yang di anggap aktif mengabarkan kebaikan dari kampungnya lewat Jambore Kampung Media.

“Kami bentuk Kampung Media sebagai ruang interaksi warga yang ada dikampung-kampung, dusun-dusun, pematang sawah, pasar, di lereng gunung. Informasi yang disajikan dapat dijadikan informasi awal dalam menyusun program pemerintah serta menjadikan pemerintah bertindak lebih cepat atas informasi yang penting untuk direspon,” jelas pria yang biasa disapa Abu Macel ini

Bahkan Kampung Media  tahun 2011, mendapatkan anugerah Universal Service Obligation atau USO Award dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia  dan  tahun 2014 Kampung Media mendapatkan penghargaan sebagai 9TOP Inovasi Nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dalm bidang Pelayanan Publik

Mahasiswa Program Studi Sistim Informasi Fakultas Imu Komputer Universitas Bina Darma ini akan berkunjung juga ke Wisata Desa. Salah satu penggagas Wisata Desa di Masmas Lombok Tengah adalah anak Kampung Media. (Edy/Man)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru