Workshop Pembinaan Kompetensi Guru Madrasah Daerah 3T


KM. Sukamulia – Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan Program Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan pada madrasah, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyelenggarakan kegiatan “Workshop Pembinaan Kompetensi Guru Madrasah Daerah 3T” yang dilaksanakan selama tiga hari (Kamis s.d Sabtu/ 14 s.d 16 Desember 2017. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dan tempat pelaksanaannya di Bogor Valley Hotel Jalan KH. Soleh Iskandar No. 5 Kota Bogor Jawa Barat.

Kegiatan ini dibuka pada hari Kamis, 14 Desember 2017 oleh Prof. Dr. Moh. Isom, M. Ag tepat pada 19.30 WIB. Sebelum acara ini dibuka, Dra. Hj. Faizah, M. Pd (Kasi Bina Guru) menyampaikan bahwa Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan merupakan Direktorat baru di Kementerian Agama Republik Indoneisa. Beliau juga menginformasikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 60 orang peserta yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia.


Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk menuntut ilmu. Terutama informasi-informasi ter-up date menganai program-program pendidikan islam dan pendidikan nasionall. Perlu bapak ibu ketahui bahwa Kementerian Agama RI mempunyai Program Pengembangan Keperofesian Berkelanjutan (PPKB). Guru tidak boleh stop untuk mengembangkan keakhliannya. Kami juga menyelenggarakan Program Gupres (Guru Berprestasi) yang dilaksanakan sejak tahun 2016. Penilaiannya secara portofolio, guru mempersiapkan PTK, lomba menulis jurnal, inovasi/alat peraga, karya kreatif. Masalah lomba bisa ditanyakan melalui kanwil masing-masing dan bisa mendaftar secara online”, papar Faizah.

Selanjutnya, Drs. Imam Syogya, M. Pd (Kasi Bagian Pendik Kemenag RI) mengatakan bahwa kegiatan Workshop Pembinaan Kompetensi Guru Madrasah Daerah 3T didesain dengan tujuan supaya guru-guru daerah terpencil, terjauh dan terisolir sama dengan guru di daerah maju, baik dalam bidang kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi keperibadiaan dan kompetensi sosial. Hal ini beliau sampaikan sebelum Prof. Dr. Moh. Isom, M. Ag mulai memberikan sambutan dan membuka kegiatan tersebut dengan resmi.

Pada saat memberikan sambutan, Prof. Dr. Moh. Isom, M. Ag memaparkan bahwa “Workshop Pembinaan Kompetensi Guru Madrasah Daerah 3T” merupakan program baru pada direktorat yang baru. Pembinaan Guru 3T merupakan program yang sangat bagus dan efektif. Beliau juga menyampaikan bahwa secara umum madrasah ketinggalan pada masalah data dan banyaknya data imajinasi. Termasuk masalah pencairan dana bos yang terkendala sebab masalah data yang belum maksimal.

Ini adalah pertemuan pertama/perdana Guru Daerah 3T, tolong peserta diidentifikasi dan diverfikasi dengan baik dan kemudian diberikan perhatian sesuai dengan amanah Undang-Undang Guru dan Dosen. Kedepannya, guru-guru Daerah 3T harus diperhatikan sebab mereka adalah guru terdepan dalam memperjuangkan dunia pendidikan”, tegas Isom sesaat sebelum membuka acara dengan resmi.

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru