Kampung Media Persembahkan Buku Untuk Hari Guru


KM. Sukamulia – Pada momen Peringatan Hari Guru Nasional 2017, Kampung Media NTB mempersembahkan sebuah buku sederhana sebagai hadiah Hari Guru Nasional 2017. Buku ini disusun oleh pengelola KM. Sukamulia dan KM. Poker. Inspirasi tercetusnya buku berjudul Kisah Inspirasi dari Madrasah ini adalah buku Kisah Inspirasi dari Kampung yang diterbitkan oleh Kampung Media NTB pada tahun 2014. Buku yang terdiri dari 193 halaman isi dan ix (Sembilan) halaman cover ini ditulis oleh Asri, S. Pd, (KM. Sukamulia) Layout dan Cover diseting oleh Sahlim, S. Pd (KM. Poker) dan diterbitkan oleh MTs Maraqitt’limat Lenggorong Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.  

 

 

Sekitar 60% kisah sosok inspirasi pendidikan yang termuat di dalam buku ini pernah penulis publikasikan di Halaman Portal Jurnalisme Warga NTB (Kampung Media NTB) melalui Blog KM. Sukamulia. Buku ini diterbitkan dengan harapan dapat menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi guru madrasah/sekolah yang ada di Lingkup Kemeterian Agama dan Dikpora Kabupaten Lombok Utara pada khususnya dan guru madrasah/sekolah di seluruh Indonesia pada ummumnya.

 

 

Guru adalah profesi yang sangat mulia. Guru adalah malaikat tanpa sayap yang diutus oleh Allah SWT untuk melanjutkan perjuangan para nabi dan rasul untuk menyampaikan ilmu pengetahuan lewat lembaga pendidikan (sekolah dan madrasah) dan lain sebagainya. Guru madrasah memiliki peranan penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebab madarasah adalah harapan tumpuan ummat untuk mencetak generasi bangsa yang berilmu, berahlakul karimah, menjawab arus tuntutan zaman dan benteng runtu-nya moral.

Pada umumnya, sebagian besar guru madrasah adalah guru Non PNS yang diangkat oleh Yayasan atau Lembaga Pendidikan Swasta yang bergerak dalam bidang pendidikan, sosial budaya dan keagamaan. Banyak sekali guru madrasah yang memiliki kreatifitas dan tidak jarang diantara mereka yang menjadi sosok inspirasi bagi orang-orang yang ada di sekelilingnya, hanya saja kisah perjuangan mereka jarang sekali didokumentasikan dalam bentuk tulisan, itu-lah sebabnya, pada momen Hari Guru Nasional (25 November 2017) ini kami menulis segelumit kisah perjuangan guru madrasah yang memiliki kreatifitas dan jiwa juang yang tinggi dalam dunia pendidikan. Kisah perjuangan mereka dalam meniti karir dalam duni pendidikan dan mengembangkan kreatifitasnya untuk membangun diri, keluaraga, masyarakat, daerah dan bangsanya itu kami kumpulkan dalam buku yang kami beri judul “Kisah Inspirasi dari Madrasah”.

Kisah Inspirasi dari Madrasah, demikianlah penulis memberikan judul untuk buku sederhana yang berisi kisah 10 orang guru madrasah MTs Maraqitta’limat Lenggorong Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Batar. Sosok-sosok pejuang pendidikan yang berjuang di madrasah terpencil yang ada di daerah perbatasan Lotim – KLU ini memiliki jiwa juang dan kreatifitas yang cukup tinggi dalam membangun dunia pendidikan di daerah-nya dan membangun masyarakat dengan kreatifitas yang mereka lakukan di dalam dan luar madrasah. Semoga kisah yang termuat di dalam buku sederhana ini dapat menjadi motivasi dan sumber inspirasi bagi guru madrasah lain-nya yang ada di sekitaran Kabupaten Lombok Utara.

Buku yang dihajatkan sebagai Hadiah Hari Guru Nasional 2017 ini disambut baik oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara dan Kabid Dikdas Dikpora Kabupaten Lombok Utara sehingga pada bagian awal buku ini, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara dan Kabid Dikdas Dikpora Kabupaten Lombok Utara memberikan kata sambutannya dengan penuh apresiasi . Pada Cetakan Pertama, buku Kisah Inspirasi dari Madrasah hanya dicetak sebanyak 15 eksampelar yang akan dihadiahkan kepada 10 orang guru yang kisahnya termuat dalam buku tersebut, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara, Kantor Dikpora Kabupaten Lombok Utara, Bupati Kabupaten Lombok Utara, Gubernur NTB dan Yayasan Maraqitta’limat.

Sebagaimana yang jihajadkan, pada hari Jum’at (24 November 2017), 15 eksamplar buku bertajuk Kisah Inspirasi dari Madrasah ini dapat terselesaikan hingga tahap penjilidan dan alhamdulillah dua eksampelarnya sudah diserahkan kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara yang diterima oleh Kasi Dikdas dan satu eksampelarnya lagi sudah diserahkan di Kantor Dikpora KLU dan diterima langsung oleh Kabid Dikdas-nya. Penyerahan buku ini sangat diapresiasi oleh kedua lembaga tersebut dan mereka menyarankan supaya buku tersebut dicetak banyak dan disebarkan ke lembaga-lembaga pendidikan di sekitaran Kabupaten Lombok Utara supaya menjadi motivasi dan inspirasi bagi guru lainnya dalam mencintai dan mengembangkan professinya sebagai guru dan mengembangkan kreatifitas yang dimilikinya untuk membangun bangsa, termasuk dengan berkarya membuat buku.

Buku Cetakan Pertama “Kisah Inspirasi dari Madrasah” akan dilaunching dan diserahkan kepada sepuluh orang sosok inspirasi pendidikan yang kisahnya termuat di dalam buku tersebut pada momen Peringatan Hari Guru Nasional (25 Nopember 2017). Kegiatan tersebut akan dilaksanakan sebagai rangkaian Resepsi Hari Guru Nasional 2017 di MTs Maraqitta’limat Lenggorong Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Semoga Kampung Media semakin jaya, Semoga Guru Nasional semakin bangga dengan professinya dan terus berkarya dengan mengembangkan skill yang dimilikinya dan semoga hadiah berupa buku sederhana yang dipersembahkan oleh Warga Kampung Media ini dapat dijadikan sebagai sumber motivasi bagi siapa saja yang membacanya.

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru