SMANEL Juara LCC Perkoperasian

Lomba Cerdas Cermat (LCC) Perkoperasian yang digelar oleh dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Nusa Tenggara Barat bertempat di Radio Republik Indonesia (RRI) Mataram, Rabu (22/11).

Perhelatan ini digelar dalam rangka menyambut HUT NTB yang ke 59. Kompetisi ini melibatkan 8 Sekolah dari seluruh Kabupaten Kota se-NTB.

Pulau Sumbawa mengirimkan 5 sekolah, satu sekolah dengan 3 orang representasi. SMAN 1 Woha Kabupaten Bima, dan MAN 2 Kota Bima mewakili Bima, Man 2 Sumbawa Barat, SMA N 1 Pajo Dompu dan SMA Muhammadiyah Sumbawa, sedangkan di pulau Lombok diwakili oleh SMA 1 Praya dari Lombok Tengah, SMA N 1 Aikmel dari Lombok Timur, MAN 2 Mataram yang mewakili Kota Mataram, SMA 1 Gangga dari Kabupaten Lombok Utara dan dari Lombok Barat mengirimkan MA Nurul Huda sebagai perwakilan.

Juara Lomba Cerdas Cermat Perkoperasian tahun 2017 ini diraih oleh SMAN 1 Aikmel (SMANEL), disusul oleh MAN 2 Mataram sebagai runner  up pertama dan MA Nurul Huda sebagai Juara ketiga.

Sebagai pemenang dalam Kompetisi ini Aikmel sangat merasa bangga. Mewakili Kabupaten Lombok Timur, Sekolah ini merupakan sekolah terpilih yang lolos dalam seleksi antar sekolah di Kabupaten.

“Kami bangga membawa nama Lombok Timur dalam lomba di Provinsi ini,” Ungkap Nana Mardiana salah satu tim dari SMA N 1 Aikmel.

Diakuinya, persiapan dilakukan tim dengan matang. Mulai dari penguasaan materi dan informasi tentang perkoperasian dan UMKM. Latihan dilakukan secara intensif. Mulai dengan latihan di sekolah pra lomba.

“Kami latihan di sekolah lebih sering untuk mempersiapkan lomba ini,” imbuhnya

Cerdas cermat ini berlangsung menegangkan dan meriah. Terlihat antusiasme dari pelajar SMA dalam kompetisi ini. Pengetahuan tentang Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus dikuasai. Dalam kompetisi ini setiap pelajar dituntut untuk mengetahui segala bentuk informasi tentang Koperasi dan UMKM.

Para pelajar berlaga dalam 2 Babak, dalam babak penyisihan pertama diikuti oleh 5 Tim dari SMA N 1 Pajo Dompu, SMA N  1 Gangga, MAN 2 Mataram, SMAN 1 Woha Bima dan MA Nurul Huda. Pada babak ini MA Nurul Huda unggul dengan nilai tertinggi. Disusul MAN 2 Mataram. Babak penyisihan kedua diikuti oleh SMA N 1 Aikmel, SMA N 1 Praya, Man 2 Kota Bima, MAN 2 Sumbawa Barat, SMA Muhammadiyah Sumbawa.penyisihan kedua dimenangkan oleh Aikmel dan SMA N 1 Praya.

Sejumlah 4 sekolah yang seluruhnya dari pulau Lombok kembali berlaga di babak final, yaitu SMA N 1 Praya, SMAN 1 Aikmel, MA Nurul Huda dan MAN 2 Mataram yang akhirnya dimenangkan oleh SMA N 1 Aikmel. (Nadya/Angga)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru