Marawis SMPN 1 Wawo Giatkan Latihan

KM LENGGE - Dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota baru (siswa baru) dan kekompakan anggota serta melatih diri siswa agar lebih disiplin saat ini personil Marawis, SMPN 1 Wawo lebih menggiatkan latihan.

“Latihan ini bertujuan untuk lebih memantapkan marawis bagi siswa baru yang baru bergabung dan menyolidkan kekompakan anggota baru yang berasal dari siswa baru dengan anggota lama yang berasal dari kelas VIII dan IX,” ujar guru pembimbing marawis SMPN 1 Wawo, Haryawan, kepada KM LENGGE, Jumat (20/10).

Har mengatakan, dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler (Ekskul) Marawis, para siswa dilatih untuk memiliki kepribadian diri yang lebih tangguh, berani dan juga memiliki sifat saling melengkapi antar sesama sehingga terjadi kekompakan dalam memainkan musik.

Untuk itu, diperlukan latihan yang rutin serta fisik yang kuat ,sebab marawis adalah sekelompok orang yang memainkan musik dengan menggunakan kombinasi alat musik secara bersamaan biasanya permainan musik marawis digelar pada acara-acara besar Islam.

“Apalagi sekarang marawis SMPN 1 Wawo sudah dikenal di masyarakat dan banyak masyarakat yang meminta kepada kelompok marawis kami untuk mengisi acara acara di masyarakat,seperti pernikahan, acara keluarga dan lain sebagainya,” ujarnya.

Har menambahkan, kegiatan tersebut dilakukan satu kali dalam seminggu. Diharapkan, dengan seringnya dilakukan latihan diyakini siswa dapat memiliki rasa percaya diri untuk tetap eksis saat menjalankan perannya masing-masing.

“Musik marawis terbagi antara musik tradisional dan moderen. Maka diperlukan kerjasama dan kekompakan dalam memainkannya agar terdengar enak dan terlihat indah,” tutupnya. ()

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru