Pendataan Siswa Merokok dan Sosialisasi Kesehatan


KM. Sukamulia – Kamis (14 September 2017), pihak Puskesmas Senaru Kecamatan Bayan melaksanakan kegiatan Pendataan Siswa Merokok di tingkat Madrasah Tsanawiyah. Salah satu Madrasah Tsanawiyah yang didatanginya adalah MTs. Maraqitta’limat Lenggorong Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.

Sebelum melakukan pendataan, Hamdan Apipudin, Amd Kep menjelaskan kepada kami (pihak pengelola madrasah) bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini adalah salah satu program Dikes dalam rangka menggalakkan kesehatan warga sekolah. Pendataan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melaksanakan program Sosialisasi, Pengawasan, Pencegahan dan Penanganan Bahaya Merokok. Pendataan ini kami lakukan untuk mencari data awal mengenai peserta didik yang merokok dan nantinya mereka yang merokok itu akan kami beri sosialisasi kemudian pengawasan dan pencegahan serta penanganan secara terjadwal supaya mereka terbebas dari bahaya merokok, pungkas perawat yang bertugas di Puskesmas Senaru Kecamatan Bayan itu.

Pendataan di laksanakan mulai pukul 10.30 wita, dimana petugas tersebut meminta setiap peserta didik menulis identitasnya pada selembar kertas, dengan format; Nama, Jenis Kelamin, Umur, Nama Madrasah dan Merokok. Pada keterangan Merokok, peserta didik disuruh mengisi iya bagi yang merokok dan tidak bagi yang tidak merokok.

Jika ditemukan peserta didik yang menjawab iya (merokok) maka program Sosialisasi, Pengawasan, Pencegahan dan Penanganan Bahaya Merokok akan dilaksanakan di madrsah tersebut secara terjadwal dan ini berlaku di seluruh sekolah atau madrasah tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK di seluruh Kabupaten Lombok Utara, papar Hamdan kepada seluruh peserta didik MTs Maraqitta’limat Lenggorong yang mengikuti program pendataan tersebut.

Usai melakukan pendataan, petugas kesehatan tersebut memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan banyak hal yang ditanyakan oleh peserta didik kepadanya.

Yach, semoga saja program ini berjalan dengan baik dan lancar sehingga bahaya merokok bagi peserta didik SMP/MTs dan SMA/MA/SMK terbebas dari bahaya merokok.

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru