Pengenalan MABA Kampus STKIP TS Bima Tahun 2017-2018

KM TNC. Ketua STKIP Taman Siswa Bima Dr Ibnu Khaldun Sudirman, M. Si menyambut 525 mahasiswa baru dengan ungkapan selamat datang Generasi Muda Harapan Bangsa di Kampus Beradab, Sehat, dan Bermutu bersandar Nasional (06/09). Katanya, kalian tepat memilih kampus STKIP Taman Siswa Bima sebagai tempat Studi dan mengembangkan segala potensi yang dimiliki. Kampus ini telah meluluskan lebih kurang 4000 mahasiswa dan telah berkarir dalam berbagai profesi yang tersebar mayoritas di Indonesia Timur.

Alhamdulilah, kampus yang telah berdiri 10 Tahun ini sudah menggapai pencapaian yang dapat dikatakan cukup membanggakan. Secara fisik kampus kita memiliki percepatan pembangunan melebihi kampus lain di Bima-Dompu. Dari segi mutu telah terakreditasi baik dari BAN-PT untuk Institusi dan tujuh program studi (Pendidikan Sejarah, Matematika, Bahasa Inggris, Fisika, Olahraga, PGSD dan PTI). BAN-PT mengapresiasi pencapaian yang luar biasa ini, meski dalam SPP terendah dan keterbatasan pembiayaan.


Ketua menjelaskan juga kepada mahasiswa baru bahwa ada banyak prestasi yang diraih oleh mahasiswa dan dosen selama dua tahun terakhir ini, antara lain: mendapatkan hibah penelitian dan pengabdian pada masyarakat dari Dikit, juara lomba karya tulis ilmiah antara mahasiswa tingkat regional Kopertis Wilayah VIII, mendapatkan PHBD (Program Hibah Bina Desa) untuk Tim Dosen-Mahasiswa di Desa Sie Monta Bima 2017, Seminar Internasional tentang bahasa Ibu oleh Dosen dan Mahasiswa (Pak Kurniawan dan Nurul Uyun Mahasiswa PGSD), dan masih banyak pencapaian yang lainnya.

Katanya, kita mesti memiliki Visi agar hidup kita berhasil dan terarah. Kampus kita memiliki Visi: "Menjadikan Perguruan Tinggi Pendidikan Beradab dengan keunggulan Kewirausahaan pada tahun 2025". Kampus kita juga memiliki Tageline: "Dengan membaca Al-Quran kita mengenal pencipta, dengan membaca buku kita mengenal dunia, dengan membaca diri kita mengenal sesama, dengan ilmu hidup menjadi mudah dan dengan agama hidup menjadi terarah. Oleh karena itu kampus Beradab sehat bermutu ini memiliki Tradisi Iklim Zikir dan Iklim Pikir di lingkungan kampus dan di luar kampus.

Terakhir, beliau menjelaskan Tema PKK MB "Mengenal Kehidupan Dunia Kampus Menuju Mahasiswa yang Beradab dan Cinta Tanah Air". Tema ini cocok diangkat untuk ospek tahun ini ditengah tantangan terorisme dan radikalisme serta disintegrasi bangsa seperti yang dialami oleh Timur Tengah, Rohingya, dan beberapa negara di dunia. Oleh karena itu sebagai mahasiswa harus menjadi agen penjaga keutuhan bangsa dengan memahami empat pilar kebangsaan Indonesia dan harus berpikir kritis dalam membaca dan menerima informasi yang penuh dengan nuansa HOAX akhir-akhir ini. Selamat bergabung dan Belajar di Kampus Beradab, sehat, bermutu dan bersandar Nasional.

Sumber: Damar Damhuji Dosen STKIP Taman Siswa Bima

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru