Delapan Standar Penilaian Akreditasi Madrasah

Sumbawa Besar,Inmas_Pelaksanaan penilaian kegiatan Akreditasi Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa oleh Badan Akreditasi Nasional pada hari ini Selasa 13 Juni 2017 ini , untuk hari pertama Assesor Muhibbi,M.Pd menilai standar 1-4 sementara Drs.Sugiyo Utomo menilai standar 5-8 , dan untuk hari kedua Assesor Drs.Sugiyo Utomo menilai standar 1-4 dan Assesor Muhibbi,M.Pd menilai standar 5-8 , dengan demikian kedua Assesor telah tuntas melaksanakan tugasnya untuk menilai 8 Standar , Selasa 13/06/2017.


Adapun Delapan (8) standar penilaian akreditasi itu terdiri dari : 1. Standar Isi, 2. Standar Proses,3. standar Kompettensi Lulusan,4. Standar Pendidik dan Tenaga Pendidikan , 5. Standar Sarana dan Prasarana, 6. Standar Pengelolaan, 7. standar Pembiayaan dan 8. standar penilaian, untuk diketahui bahwa saat ini Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa memiliki nilai A.

Misi Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah/Madrasah adalah untuk Mengembangkan sistem penyelenggaraan akreditasi yang efektif dan efisien, Mengembangkan perangkat dan mekanisme akreditasi yang tepat dan bermutu, Mengembangkan integritas dan kompetensi pelaksana akreditasi, Mengembangkan komunikasi ,sinergi dan kerjasama akreditasi dengan berbagai pemangku kepentingan, Mengembangkan sistem informasi akreditasi sebagai bagian dari akuntabilitas public dan pengambilan keputusan, Mengembangkan jejaring dan kemitraan dengan institusi akreditasi Negara, dengan moto akreditasi bermutu untuk pendidikan mutu .

Dalam Sambutan yang disampaikan ketua Tim Assesor Muhibbi,M.Pd ,pada saat acara pembukaan senin kemaren menyampaikan Syukur Alhamdulillah bahwa Madrasah Aliyah negeri 1 Sumbawa telah siap di Akreditasi, dan perlu diketahui bahwa Lembaga Pendidikan dikatakan layak apabila memiliki nilai minimal A untuk standar akreditasi dan MAN 1 Sumbawa telah terdaftar di Badan Akreditasi Nasional untuk penilaian, dan bahwa akreditasi dilaksanakan dari tingkat PAUD sampai dengan perguruan tinggi,

Jadi seluruh Lembaga perlu Akreditasi dan disertifikasi. Ada tiga tahap yang akan dilalui dalam kegiatan Akreditasi yang pertama Temu awal,yang kedua Kegiatan Visitasi dan yang ketiga Temu akhir dan dalam temu akhir ini assessor telah selesai menilai delapan standard dan melihat bukti fisik sebenarnya bukan bohong bohangan , dan merumuskan hasil dari penilaian dan memberikan masukan masukan agar dokumen yang kurang perlu dilengkapi dan dibenahi agar sesuai harapan assessor. Kesimpulan Assesor menyampai terima kasih atas kerjasama sehingga kegiatan Visitasi berjalan lancar, untuk pengamatan sementara semua dokumen dari standar 1-8 sudah bagus____(joko). -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru