Tes Mengaji Masuk Madrasah

Sumbawa Besar_Hari ini hari pertama Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa menerima Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran : 2017/2018 , Rabu , sebelum mengisi formulir calon peserta didik langsung tes mengaji, Rabu, 07/06/2017.


Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB )merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh satuan lembaga pendidikan. Penerimaan peserta didik baru pada Madrasah perlu dilakukan secara objektif, akuntabel, transparan dan tidak diskriminatif.

PPDB bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara usia sekolah agar memperoleh layanan pendidikan yang sebaikbaiknya. Agar pelaksanaan PPDB di semua daerah dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan apapun maka diperlukan pedoman PPDB. Pedoman PPDB sebagai acuan berbagai pihak khususnya jika terjadi persoalan tentang PPDB.

Pedoman PPDB ini juga memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat terkait pembiayaan PPDB. Disisi lain pedoman ini dimaksudkan agar layanan pendidikan dapat diberikan kepada semua komponen masyarakat.

Dengan hadirnya buku Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2017 – 2018 ini diharapkan menjadi acuan bagi Madrasah dan instansi terkait dalam penyelenggaraan dan pelaporan PPDB. Semoga pendidikan madrasah semakin terorganisir dengan baik sehingga keberadaan madmadrasah semakin diminati dan menjadi pilihan utama masyarakat.

Penerimaan peserta didik baru pada Madrasah bertujuan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara usia sekolah agar memperoleh layanan pendidikan yang sebaik-baiknya secara tertib, terarah, sistematis, transparan dan berkeadilan.

Prinsip 1. Semua anak usia sekolah memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan pada satuan pendidikan; 2. Pada dasarnya tidak ada penolakan Peserta Didik Baru (PPDB) bagi yang memenuhi syarat kecuali jika daya tampung di madrasah yang bersangkutan tidak mencukupi dan ketentuan waktu proses PPDB telah berakhir; 3. Sejak awal pendaftaran calon peserta didik dapat menentukan pilihannya ke madrasah.

Asas Penerimaan peserta didik baru pada Madrasah berasaskan: 1. Obyektivitas, artinya bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru, maupun pindahan harus memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan; 2. Transparansi, artinya Penerimaan Peserta Didik Baru bersifat terbuka dan dapat diketahui oleh masyarakat termasuk orang tua peserta didik baru untuk menghindari segala penyimpangan yang mungkin terjadi; 3. Akuntabilitas, artinya Penerimaan Peserta Didik Baru dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, baik prosedur maupun hasilnya; 4. Tidak diskriminatif, artinya Penerimaan Peserta Didik Baru pada madrasah tanpa membedakan suku, ras, golongan dan status sosial ekonomi masyarakat; 5. Kompetitif, artinya Penerimaan Peserta Didik Baru dilakukan melalui seleksi

Berdasarkan Sesuai Surat Keputusan Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa tanggal 23 Mei 2017 nomor B-532/Ma.19.07/PP.00.6/05/2017 tentang pembentukan dan penetapan panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN 1 Sumbawa tahun pelajaran 2017/2018 yang sebagai Pengarah H.Abdul Latief S.Pd,M.Pd, Zulhidayat,S.Pd dan Muhammad Ridwan S.Pd, Ketua Panitia dipercayakan Ibrahim ,S.Pd,Sekretaris Muhammad Satriawan S.Ag serta endahara Neri Wulan Arum,S,Pd , anggota di koordinir oleh Zulkarnaen S.Pd serta Seksi seksi Baca Al Qur’an coordinator Drs. Ahsanul Kholik,Seksi Pengetikan L.Karyadi,S.Pd,Seksi Daftar Ulang coordinator Nurhidayati dan Seksi Orientasi Koordinator Zulhidayat S.Pd mempunyai tugas melakukan pendaftaran penerimaan peserta didik baru, mengadakan penelitian terhadap kebenaran persyaratan pendaftaran calon peserta didik baru, mengadakan seleksi , menetapkan pelulusan seleksi penerimaan peserta didik baru, membuat laporan kepada Kepala Madrasah Aliyah tentang hasil penerimaan peserta didik baru untuk diteruskan ke Kantor Wilayah Kemenag Propinsi NTB


Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru