MTSN 1 Sumbawa Optimis UNBK Tahun Ini

MTsN 1 Sumbawa, Inmas_Sekitar Bulan April 2017 mendatang, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk Tingkat MTs/SMP akan digelar. Berbagai persiapan dalam upaya melengkapi kebutuhan yang mendukung UNBK sudah dilakukan. MTsN 1 Sumbawa sebagai salah satu Madrasah Penyelenggara yang akan menggunakan Komputer dalam Ujian Nasional telah jauh-jauh merancang sekaligus menyiapkan berbagai kebutuhan dalam mendukung Pelaksanaan UNBK.

Wakamad Sarana Prasarana Zulkarnaen, S.Pd selaku penanggung jawab dalam menyediakan sarana pendukung telah menyelesaikan pembuatan Meja, menyiapkan ruangan, pemasangan terali pintu dan jendela demi keamanan perangkat yang ada didalam ruangan. pemasangan listik dengan 7000 Kwh Listrik juga sangat diprioritaskan, karena listrik yang ada dengan daya rendah tidak memungkinkan untuk dipakai, mengingat dayanya yang tidak mendukung untuk memenuhi aliran strom ke sekitar 53 komputer dan laptop, ditambah lagi dengan fasilitas-fasilitas lain yang membutuhkan listrik.

Kesibukan tiga bulan terakhir sangat terasa bagi kepala madrasah dan beberapa guru yang dilibatkan dalam persiapan Gawe Nasional tersebut untuk menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan UN, Minggu terakhir bulan Pebruari 2017 segala sesuatu yang menjadi pendukung Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah siap untuk dioperasikan, karena kebutuhan yang sangat mendasar sudah bisa terpenuhi seperti Server Komputer,laptop, Hap, UPS, jaringan internet dan pemasangan kabel Lan menuju Komputer.

Setelah segala sesuatunya terasa siap, tanggal, 27-28 Februari sudah bisa dipakai untuk simulasi UNBK tahap ke 2 dan direncanakan simulasi lanjutan akan dilaksanakan pada tanggal 20-21 Maret 2017. Kepala MTsN 1 Sumbawa Adiat Hasan, S.Ag mengatakan UNBK yang diawali oleh tahapan-tahapan simulasi adalah untuk memperkenalkan aplikasi baru kepada peserta/siswa agar tidak grogi atau gelagapan, karena pelaksanaan ujian memakai komputer sangat berbeda cara mengoperasikannya seperti biasanya dan hal ini juga sesuatu yang baru, karena program baru yang tidak pernah diketahui sebelumnya, jadinya siswa dilatih untuk mengenal sistem kerja secara online untuk lebih memudahkan dalam menjawab soal pada Hari H nya nanti .


Adapun mengenai tanggapan Kepala Madrasah mengenai kekurangan komputer untuk simulasi berikut dan pelaksanaan UNBK maka Kepala Madrasah akan mengkoordinasikan kembali dengan bapak ibu guru dan siswa untuk bersedia meminjamkan laptopnya. Langkah tersebut harus ditempuh untuk memulai babak baru, karena kesuksesan hanya bisa diraih dengan pengorbanan.

Dan diharapkan kepada semua untuk tetap optimis akan pelaksanaan UNBK ini dan semoga bisa sukses walaupun secara keseluruhan belum memadai.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru