Persiapan Akreditasi Madrasah


Persiapan Akkreditasi Madrasah Sumbawa Besar, Inmas_ Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa mempersiapkan diri dalam pelaksanaan penilaian Akreditasi, hal ini ditegaskan oleh Pengawas Pendidikan Madrasah Muhibbi.M.Pd pada saat memberikan pengarahan persiapan pelaksanaan Akreditasi,yang sebentar lagi akan dilaksanakan penilaian, periode 2017,Rabu 25 Januari 2017.

Hadir dalam kegiatan ini seluruh dewan guru serta Tata Usaha yang telah mendapat bagian masing masing dalam pengisian delapan standar penilaian yang harus dipenuhi, Instrument penilaian terdapat delapan standar I sampai dengan delapan.

Akreditasi (accreditation) adalah penilaian kelayakan teknis/akademis suatu lembaga penyelenggara program pendidikan tertentu untuk menghasilkan lulusan dengan spesifikasi kompetensi yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu, dengan didukung oleh Asosiasi Penyelenggara Program Pendidikan Profesional, Badan Penyelenggara Akreditasi berfungsi mengawal mutu program pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga penyelenggara pendidikan.

Lazim terselenggara atas dasar sukarela (on a voluntary basis), keikutsertaan lembaga penyelenggara pendidikan profesional dalam suatu mekanisme akreditasi tertentu dipicu bukan untuk perolehan legitimasi birokratik, melainkan untuk memperoleh legitimasi akademik yang dihargai oleh pihak terkait (steakholders) khususnya calon mahasiswa berdasarkan bukti yang transparan.

Diharapkan masing masing standar untuk Guru dan Tata Usaha diharapkan dalam waktu dekat sudah dapat menyelesaikan administrasi guru dan kelengkapannya, bahan ajar termasuk RPP dan lain lain,dan Tata Usaha menyiapkan standar pembiayaan seperti dokumen sarana prasarana secara menyeluruh, biaya untuk pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan RKA-S/M,Modal kerja,gaji,insentif,transportasi,tunjangan lain, pelaksanaan kegiatan pembelajaran tiga tahun terakhir,dana kesiswaan,alat tulis kegiatan pembelajaran dll.

untuk dapat diisi dan menyiapkan bukti fisik dari masing masing item kegiatan, karena didalam penilaian instrument yang tersedia sudah dicantumkan penilaian ( A sampai dengan E), kita dapat menilai sendiri sejauhmana tugas tugas yang dikerjakan selama kurun waktu 5 tahun atau lebih. () -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru