Pertemuan MGMP SMK se Kab Lotim

RAPAT BULANAN MGMP BAHASA INDONESIA

KM. MASBAGIK. Berbagai nama kelompok perhimpunan dalam kehidupann ini. Berkaitan dengan dunia pendidikan juga terdiri dari berbagai kelompok mulai dari PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia), K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah), KKG (Kelompok Kerja Guru), MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan banyak lagi yang lainnya. Namun yang akan penulis bahas disini mengenai MGMP. MGMP ini menyangkut seluruh mata pelajaran yang diajarkan baik ditingkat SD hingga tingkat SMA / sederjat.   

Hari Sabtu, tanggal 13 Januari 2017 bertempat di Aula layanan Dikmen Kabupaten Lombok Timur diadakan acara Musyawarh Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dua orang pengawas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) hadir guna memberikan materi tentang perlunya meningkatkan kualitas guru dalam hal belajar mengajar.

Berbagai materi yang diberikan berkaitan dengan inovasi dalam belajar khususnya pelajaran Bahasa Indonesia yang sebagian besar terkesan kaku dengan metode mencatat, dan menjelaskan. Bapak pengawas Bahasa Indonesia memberikan tugas yang terbagi dalam 5 sesi. Sesi pertama semua guru diberikan tugas untuk menuliskan keberhasilan atau tidaknya dalam proses KBM khususnya Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Sesi kedua diisi dengan menuliskan cerita imajinasi dengan tema “jika kita bisa terbang” dengan tenggang waktu 5 menit. Sesi ketiga diisi dengan menuliskan cerita lucu yang telah dialami dalam tenggang waktu 10 menit. Sesi keempat diisi dengan penulisan puisi yang kata-katanya dirangkai dari semua kata yang dituliskan oleh masing-masing guru di papan yang telah disiapkan. Dan sesi kelima diisi dengan pembuatan pantun dengan tema “pertemuan, perpisahan, kritik social, religi, muda-mudi, teka-teki, jenaka, dan duka cita”. Penulis sangat terkesan dengan kegiatan ini karena hal ini semakin menambah pengalaman dan pelajaran untuk semakin giat lagi dalam belajar. Salam pergerakan dari kampung.

By_Andre D’Jails

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru