Belajar Nyumpit Dari Abu Macel

 

KM. Sajang Bawak Nao _ Kami anak kampung yang tidak kampungan, kami mengisi liburan kami di kota mataram selama  dua hari disana kami banyak melakukan aktifitas ala kmpung media. Kami mengelilingi lokasi wisata baik wisata alam maupun wisata belanja yang cukup menawan di perkotaan dengan bangunan bangunan yang megah menjulang tinggi.


Kami anak kampung media yang tidak kampungan berjanji bertemu dengan kepala kampung Abu Macel di epicentrum, ketika beliau datang menyapakami yang sudah menunggu lama denganm senyuman manis yang biasa keluar dari bibirnya dan dihiasi oleh barisan kumis eksotis.

Kami diajak berkeliling mencari lokasi makan yang lumayan menggila mulai dari rasa sampai cara makannya, akhirnya beliau mengajak kami makan di lokasi depan dekat parkiran mobil, disana kita makan menggunakan alat yang sudah mendunia “makan menggunakan sumpit” gak kebayang alat yang sudah mendunia ini yang sudah cukup tenar di pulau Lombok. Walaupun demikian tak banyak orang yang mampu menggunakan sumpit ini dengan baik.

Kami pun perlu belajar, tanpa menunggu lama ketika hidangan kami tunggu syukurnya piring dan sumpit terlebuh dahulu di siapkan sehingga bapak kepala kampung memberikan kami pemahaman bagaimana cara dan teknis penggunaan sumpit yang baik tersebut.

Kami disuruh mencoba satu persatu sampai kami harus menjepit hal yang palingf kecil menggunakan sumpit, kami berhasil walau masih rada kaku.

Sumpit ini biasanya terbuat dari berbagai macam bahan, seperti bambu, logam, palstik atau yang lainnya.

Meskipun kini penggunaannya sudah merajalela, namun tidak sedikit juga orang yang selalu dibuat bingug ketika menggunakannya. Ya, ada banyak sekali orang yang merasa kesulitan ketika hendak menggunakannya untuk mengambil makananan. Untuk orang yang sudah biasa mengguakan alat yang satu ini tentunya akan sangat mudah sekali ketika menggunakannya, namun untuk mereka yang baru pertama kali menggunakannya tentu saja akan dihampiri oleh kesulitan. Bahkan ketika mencoba pun yang ada makanan yang diambilnya akan terjatuh. Dan tentunya itu sangat memalukan sekali jika terjadi dihadapan umum baik itu di pesta ataupun restoran besar. Bahkan, tidak hanya seorang pemula saja, biasanya orang yang sudah mahir dalam menggunakannya pun tidak jarang merasa sedikit kesulitan ketika menggunakannya.


Nah, oleh sebab itu jika anda tidak menginginkan hal di atas terjadi tentunya anda harus mengetahui teknik-teknik yang baik dan benar terlebih dahulu ketika hendak menggunakannya. Setelah mengetahui teknik-teknik tersebut, maka sedikit demi sedikit anda bisa mempelajarinya. Namun, jika memang anda sudah belajar dan masih belum bisa menerapkan teknik yang benar sehingga sampai sekarang belum bisa menggunakannya, maka tidak ada salahnya jika anda mencari cara alternatif lain ketika menggunakan sumpit.() -01

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru