Pelatihan Kewirausahaan Bagi Mitra Binaan


Untuk meningkatkan kemampuan UMKM secara profesional, produksi dengan baik, memiliki pengetahuan marketing, administrasi yang baik, tadi pagi PT.Angkasa Pura 1 (Persero) Lombok International Airport (LIA) menggelar Pelatihan Kewirausahaan Program Bina Lingkungan  PT.Angkasa Pura 1 (Persero) Lombok International Airport (LIA) di Hotel Grand Legi Mataram. (26/12/2016)

Kepada sejumlah wartawan General Manager PT.Angkasa Pura 1 (Persero) Lombok International Airport (LIA) I Gusti Ngurah Ardita mengatakan sesuai dengan program yang sudah berjalan sejak tahun 1996, program kemitraan dan bina linkungan, kemitraan ini salah satunya memberikan modal kepada UMKM untuk menambah modal kerja. Disamping memberikan modal, juga dilakukan upaya pembinaan yakni hibah dalam bentuk pelatihan dan mengikut sertakan  dalam pameran baik dalam negeri maupun luar negeri  khususnya UMKM mitra binaan.

Kata  Ardita, 40 peserta yang ikut dalam Pelatihan Kewirausahaan Program Bina Lingkungan PT.Angkasa Pura 1 (Persero) Lombok International Airport ( LIA)  seluruhnya merupakan mitra binaan dengan berbagai  jenis usaha yang dimiliki berupa produksi barang dan jasa.

Terkait dengan kucuran dana yang di berikan kepada Mitra Binaan, Ardita memaparkan jika melihat dari data yang ada, diakui ada kemacetan
dalam pengembalian dana, namun di harapkan dengan adanya pola-pola Diklat seperti yang dilaksanakan ini para mitra binaan bisa mengembalikan dana pinjaman karna dana yang diberikan sejak tahun 1996 sudah mencapai 25,5 milyar lebih dan tentunya dana ini bergulir.

“jika kita berikan kepada mitra binaan dan dikembalikan dengan baik, terhadap mereka kemungkinan akan mendapatkan kembali  dan kita harapkan menyebar kepada mitra yang lain dalam bentuk permodalan, karna modal ini terus bergulir tidak dimasukkan lagi ke perusahaan, karna setiap modal yang dikeluarkan dari penyisihan keuntungan perusahaan secara keseluruhan kemudian dibagi kecabang-cabang, ada 13 cabang di angkasa pura 1 dimasukkan lagi untuk modal bergulir dan disalurkan kembali ke  mitra binaan dan tentu akan bertambah terus nilainya”. Ujar Ardita

Sambung Ardita, tentunya pembinaan yang dilakukan hari ini akan diberikan pembinaan marketing, administrasi dan lain sebagainya dengan harapan mitra binaan yang kategori UMKM ini bisa meningkat kemampuan mereka secara operasional, produksi dengan baik dan memiliki pengetahuan marketing, administrasi yang baik dan bisa menularkan  kepada pengusaha-pengusaha lain.


Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB Hj.Putu Selly Andayani dalam sambutannya mengatakan  program bina lingkungan dari PT.Angkasa Pura 1 (Persero) Lombok International Airport (LIA) menjadikan  banyak UMKM yang ingin menjadi anak angkat angkasa pura, bahkan disatu tempat ingin pindah ke angkasa pura.  

“Banyak UMKM yang ingin menjadi anak angkat angkasa pura, malah ada disatu tempat ingin pindah ke angkasa pura, saya tidak tahu apa maknanya itu pak.Ada juga dari kabupaten lain ingin mendapatkan PKBL dari angkasa pura, alhamdulillah itulah syukur kami yang tiada henti ”. Kata Hj.Selly  

Hj.Selly mengatakan dari pada wirawiri kesana kemari lebih baik berwirausaha karna wirausaha itu adalah calon pemimpin masa depan yang berani dan mandiri mengambil putusan sendiri tidak tergantung kepada orang lain.

“Ada orang pesimis mengatakan UMKM yang dibina itu ibarat sebagai pengemis yang mengharapkan bantuan tetapi saya lihat UMKM kita ini, UMKM yang mandiri”. Tegas Hj.Selly

Terkait dengan parwisata yang saat ini edang menggalakkan oleh NTB, kata Hj.Selly, pariwisata tanpa UMKM omong kosong .

“Jadi tidak mungkin pariwisata akan menggeliat tanpa UMKM contohnya jogja, sejalan, seiring pariwisata dengan UMKM kenapa kita tidak bisa?. Jadi UMKM juga harus menggeliat tidak usah gengsi dan malu karna kemandirian inilah nomor satu”. Ujar Hj.Selly

Oleh karna itu kata Hj.Selly, semua UMKM di minta belajar sunguh-sunguh karna ilmu itu sangat mahal semua tergantung dari nawaitu atau niat kita bersama.Dari Dinas koperasi punya keterbatasan untuk membina dan memberikan pelatihan, jadi harus melalui tangan-tangan seperti PPKP,PLUT NTB dan BUMN yang ada di NTB.


Ketua Panitia sekaligus Koordinator LPB PPKP NTB Lindrawaty Angkawijaya dalam laporannya mengatakan tujuan diadakannya Pelatihan Kewirausahaan Program Bina Lingkungan  PT.Angkasa Pura 1 (Persero) Lombok International Airport (LIA) ini, untuk menumbuhkan jiwa dan semangat entrepreneurship dalam meningkatkan usaha sehingga terciptanya perluasan kerja,  untuk merubah mindset jiwa dan prilaku dari setiap peserta dalam satu paradigma entrepreneurship. Selain itu mampu mengidentifikasi peluang usaha yang mampu memberikan harapan serta mampu menjadi wirausaha secara logis. Secara perorangan, mampu membuat laporan keuangan sederhana sehingga diharapkan peserta dapat mengatur dan mengelola keuangan dengan baik dan benar.

Adapun Pelatihan kewirausahaan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 26 s/d 28 Desember 2016 dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang mitra binaan PT.Angkasa Pura 1 (Persero) LIA NTB. (Abdi) -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru