Alfamart dan SMKN 1 Dompu Teken MoU

KM Manggelewa Dompu - Penandatanganan MoU Program Pendidikan Ritel Alfamart Class oleh Kadis Dikpora Dompu H Ichtiar Yusuf SH, Kepala SMKN 1 Dompu Drs H Abdul Latif dan Branch Manager Alfamart Lombok Dany Febrianto, Selasa (20/12).

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) bersama SMKN 1 Dompu menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) sekaligus meresmikan Program Pendidikan Ritel Alfamart Class. Penandatanganan MoU tersebut berlangsung di halaman SMKN 1 Dompu, Selasa.

Program kerjasama ini, bentuk partisipasi Alfamart dalam menciptakan keselarasan program pendidikan dengan kebutuhan industri ritel melalui transfer knowledge dan praktik pembelajaran yang komprehensif.

“Diharapkan, program ini dapat menciptakan lulusan-lulusan SMK yang memiliki daya saing tinggi, terampil dan siap bekerja, khususnya di industri ritel dengan berbagai kompetensi yang telah dimiliki,” jelas Branch Manager Alfamart Lombok Dany Febrianto.

Dikatakan Dany, dalam program tersebut, Alfamart juga akan membekali siswa dengan berbagai kompetensi lainya. Seperti pengetahuan produk, softskill penjualan, transaksi dan administrasi penjualan, persediaan produk, pelayanan pelanggan, prosedur kerja hingga pada kerjasama tim.

Selain melakukan sinkronisasi program pendidikan, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk juga menghibahkan laboratorium business center berupa mini toko Alfamart untuk dijadikan media praktik belajar siswa di SMKN 1 Dompu.

Toko mini tersebut, pengelolaannya dilakukan secara mandiri oleh pihak sekolah sendiri. “Dengan mini toko ini para siswa juga bisa langsung mengaplikasikan ilmunya disini,” ungkap Dany.

Lebih jauh Dany mengungkapkan, Program Pendidikan Ritel Alfamart Class telah berjalan sejak tahun 2011. Saat ini telah diimplementasikan ke 137 SKM yang tersebar di 67 wilayah di Indonesia.

“Hari ini, Program Pendidikan  Ritel Class di SMKN 1 Dompu. Besok (21/12) kita akan lakukan lagi di Bima. Perusahaan berharap, sampai akhir tahun 2016 ini, program tersebut dapat diimplementasikan ke 145 SMK se tanah air,” katanya.

Kepala SMKN 1 Dompu Drs H Abdul latif, menyambut baik Program Pendidikan Riter Class dari Alfamart ini. Da berharap, dengan program itu, ke depan akan memberikan nilai tambah bagi siswa-siswinya.

Manfaat mini toko Alfamart di sekolah, jelas Latif, sebagai tempat siswa-siswi jurusan bisnis retil melakukan kegiatan praktek. “Insya Allah, tahun 2017 bisnis retil di sekolah kami akan mendapatkan nilai A dengan adanya Alfamart Class ini,” jelasnya.

Kedepan kata Latif, untuk keberlanjutan mini toko Alfamart, pihak sekolah berencana menjalin hubungan jual beli dalam pengadaan barang melalui Alfamart sebagai link dalam berdagang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dompu H Ichtiar Yusuf juga mengapresiasi Program Pendidikan Ritel Class dari Alfamart tersebut.

Ia berharap, program itu tidak hanya berlaku untuk SMKN 1 Dompu, tapi juga masuk ke semua SMK di Kabupate Dompu. Jika itu terwujud, pemerintah akan sangat mendukungnya. “Atas nama pemerintah, kami menyampaikan terimakasih kepada Alfamart karena sudah benar-benar peduli pada dunia pendidikan,” ujar Ichtiar. (opick) -03

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru