Tugas Bendahara Dalam Membantu Kamad

Sumbawa Inmas - Koordinisi Bendahara Madrasah dengan Kepala Madasah harus terjalin dengan baik didalam mengatur segala bentuk keuangan di madrasah, karena bendahara adalah membantu kepala madrasah dalam menyusun, mengelola dan mempertanggung jawabkan semua pengeluaran keuangan sekolah, hal tersebut merupakan bentuk transparansi dalam pengelolaan keuangan dalam sebuah lembaga.

Namun demikian prinsip transparansi dan kejujuran dalam pertanggung jawaban tersebut harus tetap dijunjung tinggi. Dalam penyelenggaraan pendidikan, keuangan dan pembiayaan merupakan potensi yang sangat menentukan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kajian manajemen pendidikan. Komponen keuangan dan pembiayaan pada suatu sekolah merupakan komponen produksi yang menentukan terlaksananya kegiatan belajar-mengajar di sekolah bersama dengan komponen-komponen yang lain.

Dengan kata lain setiap kegiatan yang dilakukan sekolah memerlukan biaya, baik itu disadari maupun yang tidak disadari. Komponen keuangan dan pembiayaan ini perlu dikelola sebaik-baiknya, agar dana-dana yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan. Hal ini penting, terutama dalam rangka MBS, yang memberikan kewenangan kepada sekolah untuk mencari dan memanfaatkan berbagai sumber dana sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah karena pada umumnya dunia pendidikan selalu dihadapkan pada masalah keterbatasan dana.

Nurul Uyun kelahiran 1978 lulusan MA Muallimat NW Pancor yang kini sedang melanjutkan Kuliah untuk mendapatkan sarjana S.1 pada STAI NW Samawa adalah sosok pembantu Kepala Madrasah dalam mengurus keuangan yang bekerja ulet dan penuh tanggung jawab, terbukti dengan menjalani tugasnya tidak kenal lelah dan waktu.

Wanita 2 orang anak ini terus mengurus keuangan sejak pukul 07.00 pagi terkadang sampai pukul 17.00 sore. Tidak hannya mengurus kebutuhan madrasah yang harus difikirkan namun juga harus membantu kepala madrasah dalam membayar tunjangan pegawai dan guru Non PNS dan mentransfer gaji dan tunjangan pegawai dan guru, lebih-lebih 6 bulan terakhir ini adalah bulan pertama mengurus guru PNS yang berada dibawah Satminkal MTsN Sumbawa yang tersebar dibeberapa sekolah swasta.

Kepala Madrasah Adiat, S.Ag memberikan sinyal positif kepada bendahara atas kinerjanya, karena bendahara sekarang mampu menyempurnakan kinerja bendahara sebelumnya.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru