Lomba Penyajian Puisi Peringati Hari Pahlawan

Sumbawa_Inmas, Dalam rangka Mempringati Hari Pahlawan 10 Nopember, SMK Kesehatan Al’Ma’arif Sumbawa Besar, menyelenggarakan Lomba Penyajian Puisi “ Hari Pahlawan” tahun 2016, Diawali dengan Pembacaan Kalam Ilahi , Kamis 10/11/2016.

Sesuai petunjuk Teknis dan ketentuan umum yang disampaikan oleh Ketua Tim Juri Abdul Hakim,S.Pd bahwa Pelaksanaan kegiatan Lomba Penyajian Puisi bahwa peserta merupakan pelajar SMP/MTs se Kabupaten Sumbawa yang dibuktikan dengan kartu pelajar dan surat keterangan dari Kepala Sekolah / Madrasah, setiap Sekolah / Madrasah mengirimkan maksimal 2 grup sebagai peserta dengan ketentuan grup maksimal terdari dari 7 (tujuh) anggota dan setiap sekolah/madrasah diperkenankan mengutus 1 (satu) orang guru pendamping.


Dalam ketentuan khusus, peserta dalam menyajikan puisi ,selama tidak bertentangan dengan undang undang yang berlaku di Indonesia, peserta tidak diperkenankan menggunakan alat pengiring dan menggunakan instrument dari hasil rekam/CD/Plasdisk saat menyajikan puisi, Instrumen pengiring harus dimainkan live oleh peserta dan setiap peserta membacakan 1 (satu) puisi dari enam puisi yang ditentukan juri ada 6 (enam) puisi yaitu :

1. Doa Seorang Serdadu Sebelum berperang penulis WS.Rendra,

2. Gerilya penulis WS.Rendra,

3. Pusara Tanpa Nisan Penulis Abdul Hakim,

4. Di Taman Pahlawan penulis KH. Mustafa Bisri,

5. Kembalikan Indonesia Padaku penulis Taufik Ismail,

6. Antara Tiga Kota penulis Taufik Ismail,

7. Pahlawan Tak Dikenal penulis Toto Sudarto Bactiar

8. Selamat Pagi Indonesia penulis Supardi Djoko Damono.

Ada 3 (tiga) penilaian yaitu

1. Penghayatan meliputi ketepatan/takaran rasa,totalitas emosi dan ekspresi fisik,

2. Vokal meliputi : kenyaringan, ketepatan artikulasi dan intonasi,

3. Penampilan meliputi : Keharmonisan keseluruhanekspresi lisan dan ekspresi fisik (wajah dan anggota tubuh),kesesuaian kostum,kesesuaian instrument pengiring, teknik membuat dinamika panggung dan ada 3 (tiga) juri yang akan menilai kegiatan ini  adalah  Abdul Hakim, Arieffianto dan Indra Mauluddin. 


Dalam sambutan Kepala SMK Kesehatan Al Ma’arif Sumbawa Nurdin Ismail, M.Pd sekaligus membuka Kegiatan Lomba Penyajian Puisi memperingati Hari Pahlawan, beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi untuk mengikuti lomba ini dan mohon maaf mungkin dalam penyelenggaraan kegiatan ini terdapat kekurangan dan kekhilafan.

Mengikuti kegiatan ini bukan semata mata mencari juara atau kemenangan namun yang lebih penting adalah Silaturrahmi dan memeriahkan kegiatan lomba memperingati hari Pahlawan.

Hari Pahlwan adalah peristiwa sejarah pertempuran Indonesia yang terjadi pa tanggal 10 November 1945, peristiwa ini diperingati karena mengenang kembali jasa Pahlawan kita, Pahlawan Indonesia yang telah mempertaruhkan jiwa,raganya serta hartanya untuk kemerdekaan Indonesia.

Hal lain yang perlu diteladani, kita sebagai generasi muda harus tangguh seperti pahlawan kita untuk menggapai cita cita mereka, para pahlawan tidak hanya mencucurkan keringat juga dengan segenap jiwa mereka untuk kemerdekaan Indonesia, namun mereka tetap teguh berjuang membela Negara dan mempertahankan prinsip,semangat rela berkurban para pejuang kita yang begitu besar itu patut kita teladani

Sudah saatnya generasi muda dikenalkan kembali kepada nilai nilai kepahlawanan yang sudah mulai luntur, dengan mengenal para pahlawan maka kitapun akan diajarkan untuk membangun kembalim sikap kepahlawanan,patriotism dan nasionalisme,

Dalam memperingati hari pahlawan ini mari kita isi dengan hal hal yang bermanfaat bagi masyarakat dan Negara Indonesia, kita juga harus mentaati peraturan Pemerintah dan tunduk pada Negara.


Pada acara istirahat ditampilkan suguhan penampilan Pantomim Mpongi teatre Sumbawa dan Puisi dengan judul Masikah Ada Pahlawan karya Abdul Hakim S.Pd dan puisi secara langsung dibaca oleh yang mengarang .

Dan pembacaan doa serangkaian kegiatan pembukaan lomba penyajian puisi hari Pahlawan disampaikan oleh Ustad Lahmuddin, M.Pd Kepala MTsn Nw Samawa Sumbawa Besar.


Acara lomba dilanjutkan dan Penampilan pertama peserta dari Madrasah Tsanawiyah NW Samawa Sumbawa Besar dengan judul puisi “ Doa Seorang Serdadu Sebelum Berperang “ karya WS.Rendra____(joko).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru