Upacara Memperingati Hari Pahlawan


 

Sumbawa Besar_Inmas, Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa Memperingati Hari Pahlawan, dengan melaksanan Upacara Bendera bersama siswa siswi, dewan guru dan tata usaha, Kamis 10 Nopember 2016 .


Bertindak selaku Pembina Upaca dipimpin oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa Drs. Fathurrahman dan dalam penyampaian ucapan terima kasih kepada petugas upacara yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan dalam pidato Kepala MAN 1 Sumbawa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat,taufiq dan hidayahnya, sehingga kita dapat berkumpul dalam peringatan hari Pahlawan dalam keadaan sehat wal’afiat. 

Hari Pahlwan adalah peristiwa sejarah pertempuran Indonesia yang terjadi pa tanggal 10 November 1945, peristiwa ini diperingati karena mengenang kembali jasa Pahlawan kita, Pahlawan Indonesia yang telah mempertaruhkan jiwa,raganya serta hartanya untuk kemerdekaan Indonesia. Kemerdekaan bangsa ini tercapai karena rakyat Indonesia mempunyai semangat perjuangan yang sangat tinggi,tanpa semangat yang sangat tinggi ,kita yakin kemerdekaan bangsa ini tidak akan tercapai, selamanya rakyat Indonesia akan hidup dibawah penindasan penjajah. Para penjajah negeri kita bermaksud menguasa pemerintahan dan mengeruk kekayaan bangsa ini, berbagai cara mereka lakukan ,para penjajah itu memaksa rakyat Indonesia bekerja lewat kerja rodi dan romusa, tanpa upah mereka harus kerja keras, bahkan tanpa makan yang cukup, oleh karena itu banyak rakyat Indonesia yang meninggal saat kerja rodi dan romusa.


Hal lain yang perlu diteladani, kita sebagai generasi muda harus tangguh seperti pahlawan kita untuk menggapai cita cita mereka, para pahlawan tidak hanya mencucurkan keringat juga dengan segenap jiwa mereka untuk kemerdekaan Indonesia, namun mereka tetap teguh berjuang membela Negara dan mempertahankan prinsip,semangat rela berkurban para pejuang kita yang begitu besar itu patut kita teladani

Sudah saatnya generasi muda dikenalkan kembali kepada nilai nilai kepahlawanan yang sudah mulai luntur, dengan mengenal para pahlawan maka kitapun akan diajarkan untuk membangun kembalim sikap kepahlawanan,patriotism dan nasionalisme, Dalam memperingati hari pahlawan ini mari kita isi dengan hal hal yang bermanfaat bagi masyarakat dan Negara Indonesia, kita juga harus mentaati peraturan Pemerintah dan tunduk pada Negara.

Sebagai penerus generasi bangsa,kita harus meniru semangat juang mereka untuk mempertahankan bangsa, mereka berani mengangkat senjata dan rela mengorbankan jiwa dan hartanya demi Indonesia,meskipun saat ini kita sudah merdeka, ini bukan berarti perjuangan telah usai, namun justru perjuangan kita lebih berat untuk mengisi kemerdekaan ini, sebagai anak bangsa kita bisa berprestasi mengharumkan bangsa ini dan membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang kuat.

Selain itu, sebagai anak bangsa ,janganlah melupakan jasa jasa para pahawan yang telah gugur merelakan nyawanya dan hartanya demi bangsa, semoga para pahlawan syahid dan mendapatkan tempat terbaik di alam sana.___(joko) -03

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru