Apel Sumpah Pemuda di MTs. MT. Lenggorong


KM. Sukamulia – Salah satu program rutin Warga Madrasah Tsanawiyah Maraqitta’limat Lenggorong adalah menumbuh kembangkan rasa nasionalisme pada jiwa seluruh warga sekolah. Program itu direalisasikan dengan ikut memperingati hari-hari nasional bangsa Indonesia dengan cara melaksanakan upacara bendera (apel) pada setiap momen peringatan hari-hari nasional, salah satunya adalah apel peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan tadi pagi (Jum’at/28/10/2016).

Apel peringatan hari Sumpah Pemuda dilaksanakan oleh seluruh siswa dan siswi beserta kepala madrasah dan guru MTs Maraqitta’limat Lenggorong. Apel bendera pandu oleh Supianti, Pemimpin Upacara diampu oleh Jumahir, Pengibar Bendera (Selvia Hidayanti, Yuliana Ulfa dan Fina Febriani), Lidia Ika Safitri sebagai pembaca Teks Pembukaan UUD 1945, Ade Setia Putra sebagai pembaca Teks Sumpah Pemuda, Muhamad Faesal selaku Pembawa Teks Pancasila, Santi Febriana selaku pembaca doa dan Sri Agustiani selaku pemimpin regu nyanyi serta Asri, S. Pd selaku Pembina Upacara.

Upacara bendera dimulai pada pukul 07.30 wita. Seluruh siswa dan siswai MTs. MT. Lenggorong (petugas dan peserta upacara) menggunakan pakaian adat Sasak. Upacara berjalan dengan khitmat dan hingga pemimpin upacara membubarkan seluruh pesertanya.

Pada kesempatan amanat, Pembina Upacar menyampaikan kepada sejarah dan kronologis terjadinya Sumpah Pemuda, makna dan tujuan Sumpah Pemuda serta bagaimana kondisi pemuda Indonesia pada saat ini. Pada ahir amanatnya, Pembina upacara menyematkan kepada seluruh peserta upacara agar senantiasa menumbuh kembangkan dan menjaga rasa nasionalisme pada diri masing-masing serta menggunakan segala daya dan kemampuan yang dimilikinya untuk mengabdi dan membangun bangsa ini.

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru