Seni Andalan Baru MAN 2 Kobi

KM Ntobo. Tak hanya kemampuan di bidang akademik, kegiatan olahraga dan seni menjadi kegiatan andalan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bima. Seni tari termasuk kegiatan yang menjadi salah satu kegiatan seni andalan di sekolah yang menjadi sekolah unggulan di Kota Bima ini. Seringkali diadakan event seni tari yang menampilkan berbagai tarian yang dipersembahkan oleh seluruh siswa-siswi.

Guru Seni Budaya sekaligus Pembina Seni Tari, Devi Anggraini, S.Pd, mengungkapkan “kegiatan seni tari merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh setiap siswa dan siswi karena masuk dalam mata pelajaran Seni Budaya, pembinaan dilakukan setiap 3x seminggu” ungkapnya.

Devi mengaku sudah melaksanakan beberapa kali event yang menampilkan tarian dari setiap kelas “Biasanya saat acara perpisahan atau saat ujian semester untuk mata pelajaran Seni Budaya. Setiap kelas dibagi ke dalam beberapa kelompok yang akan menampilkan tarian yang berbeda-beda. Biasanya menampilkan tarian khas dari Bima atau tarian tradisional Nusantara, seperti: Tari Saman dari Aceh, Tari Haju Jati dari Bima, Tari Betawi Ondel-ondel dari DKI Jakarta, Tari Sajojo dari Papua, dan sebagainya”.

Lebih lanjut Devi menjelaskan, Seni Tari mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Madrasah. Dukungan dari Kepala Madrasah sangat luar biasa, beliau mendukung kegiatan ini karena bertujuan untuk mengasah bakat seni tari siswa dan siswi MAN 2 Kota Bima. Dan respon siswa-siswi itu sendiri sangat luar biasa. Hasilnya bisa dilihat ketika ada event, Alhamdulillah penampilan siswa-siswi sangat memuaskan, terangnya.

Kepala MAN 2 Kota Bima, Mansyur, S.Ag menyatakan sangat mendukung penuh setiap kegiatan yang bertujuan untuk mengasah kemampuan siswa dan siswi MAN 2 Kota Bima.

“Karena prestasi itu tak hanya prestasi di bidang akademik, prestasi di bidang ekstrakurikuler, seperti kegiatan olahraga dan seni harus sejalan karena keduanya sama-sama penting” tuturnya. () -05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru