Siswi SMKN 3 Kobi Wakili K2 Tingkat Propinsi NTB

KM TNC. Sebanyak 4 orang Siswa SMKN 3 Kota Bima menjadi partisipan kegiatan Kemah Kepramukaan  SMK tingkat propinsi Nusa Tenggara Barat. Kegiatan yang diadakan pada tanggal 18 s.d 21 September 2016 tersebut, merupakan salah satu kegiatan Pembinaan Karakter Bangsa dan Bela Negara bagi seluruh siswa kejuruan di propinsi NTB.

Kegiatan yang bertempat di Hotel Jayakarta Jalan  Raya Senggigi Lombok Barat ini dibuka secara resmi (18/09) soer oleh Kepala Bidang Dikmenti (Kabid Dikmenti) Muhammad Fauzan, S. Ag, M.Pd.

Dalam sambutannya Muhammad Fauzan memaparkan “Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk menanamkan sejak dini kemampuan bela negara khususnya pada siswa sekolah kejuruan, menanamkan prinsip kemandirian kepramukaan serta membiasakan siswa dengan nilai karakter kepemimpinan bangsa dan negara,  karena pada generasi penerus bangsalah dititipkan cita – cita mengisi kemerdekaan lewat pembangunan fisik maupun pembangunan manusia”.

Lanjut Fauzan “salah satu cara menanamkan nilai – nilai kepramukaan, maka di tingkat propinsi akan diseleksi dari total peserta 130 orang menjadi 9 orang siswa untuk dibawa ke Jakarta yang selanjutnya berkompetisi secara Nasional”.

Khusus Kota Bima diwakili oleh 12 orang siswa, dimana dari SMKN 3 Kota Bima ditunjuk 4 orang siswa yaitu David, Adelia, Agus dan Ema dengan guru pendamping Drs. Durmawel, M.Pd dan Evi Meriyani, S.Pd sekaligus selaku Pembina Pramuka sekolah.

Selama pelaksanaan kegiatan, peserta diberikan materi didalam ruangan terkait dengan kepemimpinan dan kepramukaan secara mendetail serta aplikasi materi dalam bentuk games diluar ruangan.

Dumawel salah satu pembina dalam kegiatan tersebut memaparkan “pasca kegiatan ini, ke depan akan dibentuk Saka Budaya Widia Mandala NTB dengan harapan pembinaan karakter tidak boleh berhenti sampai pada kegiatan ini, namun harus dipupuk secara kontinyu melalui wadah kegiatan kepramukaan yang terus berkelanjutan”. Alamsyah () -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru