Belajar TIK Sejak Dini


Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, pembelajaran, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. Teknologi ini menggunakan perangkat komputer untuk mengolah data, system jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.


Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi, rekreasi, dan rohani. Kemudian untuk profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita bisnis, dan asosiasi profesi. Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan pribadi atau kelompok yang lainnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran. Perkembangan Teknologi Informasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir, kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life,artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kebutuhan secara elektronik. Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e seperti e-commerce, e-government, e-education, e-library, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-biodiversiiy, dan yang lainnya lagi yang berbasis elektronika.


Seperti yang kita ketahui teknologi menjadi viral kehidupan di abad ke 21, tak ada yang tidak mengenal teknologi, baik itu kaum tua maupun kaum muda, seperti halnya di desa Pringgajurang Kec. Montong gading, Lombok Timur ini banyak yang telah mengetahui fungsi atau kegunaan dari masing-masing teknologi informasi tersebut tetapi masih banyak pula yang tidak bisa memaksimalkan penggunaan perangkat komputer tersebut terutama cara untuk memperbaiki dan merawatnya.

Oleh karena itu mahasiswa K2N STMIK Syekh Zainuddin NW Anjani mengadakan pelatihan pelatihan untuk meningkat pengetahuan akan penggunaan, perawataan serta cara memperbaiki komputer pada peserta didik di MTS NW Pringgajurang dan MA NW Pringgajurang guna untuk menurunkan tingkat buta akan teknologi di wilayah tersebut

Pentingnya memaksimalkan kemampuan anak atau peserta didik dalam mengolah atau mencari informasi menggunakan perangkat  sangat berperan penting dalam proses pembelajaran mereka agar tidak tertinggal dari peserta didik yang ada di kota-kota besar dan tingkat pendidikannya lebih maju ketimbang daerah-daerah terpencil seperti di desa pringgajurang. Banyaknya kendala dalam proses penyampaian materi di desa pringgajurang seperti kurangnya alat atau perangkat komputer tidaklah mengganggu proses belajar mengajar atau penyampaian materi di setiap sekolah tersebut.

                Adapun program diklat baik yang telah dilaksanakan maupun dalam proses pelaksanaan oleh peserta K2N di desa pringgajurang adalah sebagai berikut :

  1. Pengenalan Perangkat Komputer.
  2. Maintenance dan perakitan komputer.
  3. Instalasi komputer.
  4. Pengenalan Ms. Office (Word, Excel  dan Power Point).
  5. Internet (Dampak Positif dan Dampak Negatif Internet).

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah mengenalkan kepada peserta didik akan perangkat komputer, cara merawat dan memperbaiki komputer,instalasi , penggunaan  dan pemanfaatan  Ms. Office untuk kegiatan sehari-hari, dan cara memaksimalkan penggunaan internet untuk kebutuhan pembelajaran, dan proses pembelajaran tersebut setidaknya mampu mencetak beberapa peserta didik yang nantinya akan belajar IT lebih mendalam dan mampu menjadi tenaga IT yang handal serta berguna baik untuk desa pringgajurang maupun Negara kita tercinta. [] - 03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru