Peringatan Hari Guru di Lombok Timur

KM. MASBAGIK. Guru dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Segala pengorbanan dan jasa para guru tak bisa tergantikan oleh siapapun di dunia ini. Begitu berartinya guru bagi kehidupan ini hingga bangsa Jepang ketika terjadi penghancuran kota Hiroshima dan Nagasaki. Para guru-lah yang dicari terlebih dahulu oleh pemerintah Jepang. Dan hasilnya bisa ditemukan dalam waktu beberapa tahun Jepang menjadi Negara yang sangat dikagumi oleh internasional.

Hari guru di Indonesia diperingati tanggal 25 Nopember, dan tepat pada hari ini diperingatilah hari guru di seluruh Indonesia. Hari guru di Lombok Timur pada tahun ini dipusatkan di wilayah Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur. Sejak pukul 07.00 pagi para peserta upacara yang terdiri dari seluruh guru dan instansi Dinas Pendidikan Lombok Timur berbondong-bondong membanjiri lapangan Gotong Royong Masbagik.

Para peserta berasal dari  berasal dari seluruh guru se-Kabupaten Lombok Timur, mulai dari kecamatan Pringgajurang, Terara, Sikur, Masbagik, Selong, Sukamulia, Sakra Barat, Sakra Timur, Selong, Aikmel, Labuhan Haji, Labuhan Lombok. Semua peserta secara dominan menggunakan baju persatuan PGRI berwarna putih bercampur dengan hitam dengan logo PGRI. Namun tidak jarang ada pula yang menggunakan seragam dinas yang lain. Namun hal tersebut tidak menjadi halangan dalam mengikuti acara sekali setahun ini.

Tema dari upacara pada tahun ini yaitu “Guru Mulia Karna Karya”.  Upacara ini mempunyai susunan acara sama persis dengan upacara bendera hari Senin pada umumnya. Namun berbeda hanya pada peserta upacaranya saja ditambah dengan diiringi oleh instrument marching band dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Lombok Timur. Suasana semakin terasa khidmat ketika para ibu guru di Kecamatan Masbagik menyanyikan lagu Mars PGRI dan Himne PGRI.

Pembina upacara meminta para guru untuk bekerja dengan ikhlas untuk membangunan pendidikan di Indonesia. Sehingga sesuai dengan tema yang diangkat pada tahun ini diharapkan agar para guru terus berkarya dengan prestasi-prestasi yang dihasilkan oleh para siswa-siswinnya.  Dengan semangat hultah PGRI yang ke-21 mari kita tingkatkan pengabdian kita bagi nusa dan bangsa.

Selamat Hari Guru Nasional yang ke-21. Salam dari kampung.

 

By_Andre D'jails

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru