Belajar Lewat Lomba Sekolah Sehat

KM. Plibelo - Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Kabupaten Bima, memotifasi belajar sekolah sehat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Nata,  Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima, Rabu, (25/11-15). Akan mengikuti perlombaan Sekolah sehat yang mewakili Kecamatan Palibelo. Lomba difasilitasi oleh  seluruh SKD yaitu, Dikpora, Departemen Agama, Dinas Kesehatan, Dinas Kehutana, TNI, dan Polisi.

Dikpora Kabupaten Bima, Drs. Aksa, M. Pd. dikonfirmasi sama Wartawan ini di lokasi Sekolah SDN2 Nata, “Kami berharap penyelenggaraan Lomba Sekolah Sehat  ini dapat memberikan motivasi kepada sekolah untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan kesehatan lingkungan sekolah. Selain itu agar murid-murid dapat bertindak sebagai agen perubahan hidup bersih dan sehat bagi orang tua mereka, saudara-saudara, tetangga dan kawan-kawan mereka, bukan hanya itu semua guru guru di sekolah harus memotivasi hidup sehat.” tuturnya.

Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Muhamad Adung, mengatakan juga, “Tujuan dari kegiatan Lomba Sekolah Sehat ini antara lain untuk mengetahui kondisi kesehatan lingkungan dari sekolah yang ada di wilayah Kecamatan Palibelo, mengetahui perilaku kesehatan lingkungan dari siswa sekolah, memberikan motivasi serta bimbingan untuk meningkatkan derajat kesehatan anak didik serta untuk memotivasi pihak sekolah agar lebih meningkatkan koordinasi dengan sekolah lain dalam pembinaan dan pengembangan kesehatan sekolah sehat. “katanya.

Lanjutnya lagi beberapa hal yang di nilai antara lain, ketersediaan sarana air bersih dan kondisi kebersihannya, ketersediaan kondisi jamban Sekolah,  kondisi ruangan kelas (ventilasi, kebersihan sirkulasi udara). Selain itu juga ketersediaan dan kondisi sarana cuci tangan, dan kondisi kantin Sekolah. “tuturnya.

Ketua Pokja pengawas Palibelo, H. Ramli Mahmud, S,Pd, mengatakan, “Yang mengadakan Program lomba Sekolah sehat di Indonesia  ada 4 (empat) menteri  yaitu, Menteri Dalam Negeri, Menteri Dikpora, Menteri Kesehatan, dan Menteri Agama. Agar setiap sekolah mengenal kondisi kesehatan lingkungan sekolah, kondisi lingkungan sendiri,  dan mengajak Masyarakat sekitar  mengenal kondisi kesehatan lingkungan. Kemarin saya ikut pelatihan di Lombok raya selama 4 hari, dengan tema  untuk “mengenal kondisi lingkungan hidup sehat” baik di sekolah maupun di lingkungan Masyarakat. “katanya.

Kepala sekolah (kepsek) SDN 2 Nata, Agani Husain, S.Pd,I, tidak menyaka bahwa sekolahnya yang di pimpin selama ini mendapat ada perhatian pemerintah terkait bahwa sekolahnya di jadikan sekolah sehat, atau sekolah percontohan lingkungan hidup sehat, emang sebelumnya setiap hari sebelum masuk ruangan kelas anak anak di ajak cara merawat tanaman di lingkup sekolah ini, dan cara mencuci tangan yang bersih dan masih banyak yang lainnya yang di ajarkan oleh guru gurunya, agar supaya anak anak bisa mengenal hidup lingkungan sehat baik di sekolah maupun di rumah. “tuturnya. (ipul) -01

 

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru