Disiplin Kunci Peningkatan Kwalitas Pendidikan

KM. RumahPanggungku – Segala upaya konsep pembelajaran harus diikuti dengan kedisiplinan, karena disiplin merupakan sesuatu yang harus dimiliki setiap siswa maupun guru guna meningkatkan mutu pendidikan.

Demikian diungkapkan Kepala MTs. Bayyinul Ulum Santong Saifuddin, S.Si Kepada Pewarta Kampung Media baru-baru ini saat usai memberikan sabutan pada rapat bulanan MTs.Bayyinul Ulum Santong, jumat,13 November 2015. Ia menjelaskan menumbuhkan sikap disiplin bukan hanya sekedar dengan ucapan, namun harus langsung dengan perbuatan dan memberikan  contoh oleh setiap pendidik.

“Saya selalu memberikan motivasi bagi para Guru, bahwa untuk meningkatkan mutu pendidikan harus dimulai dari disiplin, tampil berwibawa, rapi berpakaian, mulai mengajar tepat waktu dan memberikan contoh yang baik juga merupakan bagian dfari sikap disiplin,”ungkapnya.

Lelaki kelahiran Loteng 1972 ini menjelaskan pentingnya disiplin untuk mencapai keberhasilan sekolah juga akan meningkatkan prestasi di segala bidang, baik dari sisi akademis ataupun non akademis.

“Guru tidak cukup hanya memberikan ilmu, sekaligus memberikan bekal moral kepada siswa untuk mewujudkan visi sekolah, termasuk contoh dan panutan siswa dalam berprilaku disiplin, kedisiplinan memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk moral, spiritual, etika terhadap siswa-siswi di sekolah sehingga konsistensi lingkungan harus dapat mendukung agar bersinergi saling mendukung dalam program peningkatan mutu dan kualitas pendidikan ke depan.,” imbuhnya.

Kedisiplinan sangat perlu dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai pengajar, pendidik dan pembimbing siswa. Disiplin yang tinggi akan mampu membangun kinerja yang profesional sebab pemahaman disiplin yang baik guru mampu mencermati aturan-aturan dan langkah strategis dalam melaksanakan proses kegitan belajar mengajar.

Ia menjelaskan kemampuan guru dalam memahami aturan dan melaksanakan aturan yang tepat, baik dalam hubungan dengan personalia lain di sekolah maupun dalam proses belajar mengajar di kelas sangat membantu upaya membelajarkan siswa ke arah yang lebih baik. Kedisiplinan bagi para guru merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.

Dengan demikian, lanjutnya, kedisiplinan seorang guru menjadi tuntunan yang sangat penting untuk dimiliki dalam upaya menunjang dan meningkatkan kinerja dan di sisi lain akan memberikan tauladan bagi siswa bahwa disiplin sangat penting bagi siapapun apabila ingin sukses.

Sehingga mutu atau kualitas pendidikannya meningkat dan di atas rata-rata nasional, maka terapkan kedisiplinan secara konsisten dan jujur dalam proses kegiatan belajar mengajar baik di kelas maupun di luar kelas (kegiatan ekstrasekolah). Para pengajar, pendidik, dan pembimbing siswa di dalamnya harus totalitas menjalankan kedisiplinan. Kerja sama antarwarga sekolah, masyarakat dan tokoh masyarakat sangat diperlukan dalam menerapkan kedisiplinan sebagai penunjang peningkatan mutu pendidikan. Yudik () -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru