Wujudkan Mimpi Siswa SD Filial Semokan Ruak

LOMBOK UTARA, KM Primadona - Alazhar Peduli Umat (APU) bersama Sahabat Peduli Lombok (SPL) melalui program program infrastruktur dan konservasi lingkungan membantu pembangunan SD Filial Dusun Semokan Ruak Desa Sukadana Kecamatan Bayan.

Bantuan diberikan untuk mewujudkan mimpi para siswa-siswi SD Filial yang selama ini belajar ditempat terbuka beralaskan tanah. “Bangunan yang ada terbuat dari dinding pecahan bambu dengan lantai tanah yang berdebu, atau dapat dikatakan jauh dari layak”, kata coordinator APU Lombok Utara, Anton Suhertian kepada KM Primadona FM.

Semokan Ruak sendiri termasuk berada dikawasan pedalaman yang jauh dari pusat kota desa dan Kecamatan Bayan. Dan untuk menuju sekolah tersebut harus menelusuri hutan adat dan hutan Negara yang jalannya cukup terjal dan senpit. Selain itu, untuk menuju kawasan itu juga harus melintasi sungai bebatuan, yang bila musim kemarau seperti sekarang ini, dusun tersebut cukup kering.

“Sekolah ini berada diatas perbukitan Semokan dengan jumlah siswa 94 orang. Sementara jumlah penduduk yang tinggal di dusun tersebut 87 kepala keluarga yang 99 persen masih buta aksara. Karena dari 87 KK tersebut hanya ketua RT nya saja yang bisa baca tulis”, jelas Anton.

Melihat kondisi masyarakatnya yang cukup terbelakang, sehingga APU bersama SPL berusaha mencarikan solusi untuk memberantas buta aksara dengan membantu pembangunan SD Filial yang disambut antusias masyarakat sekitar.

Anton mengaku, pendidikan adalah instrument penting untuk memejukan daerah, untuk itulah pihaknya harus galakkan semangat pendidikan di Lombok Utara dengan menyediakan fasilitas pendidikan yang layak.

“Kami akan tetap berikhtiar dan mendampingi adek adek yang memiliki semangat yang sungguh luar biasa ini, siapa tahu, kelak akan lahir dan tumbuh pemimpin dari SD filial yang kelak akan membangun Lombok Utara ini kedepan. Dan APU serta SPL telah banyak . membantu masyarakat KLU selama ini”, ungkapnya.

Sementara Mus Muliadi, salah seorang guru setempat mengaku bahagia dan terharu melihat adanya lembaga yang peduli terhadap kemajuan pendidikan. Akhirnya anak anak kami akan bisa menikmati fasilitas pendidikan yang layak. APU dan SPL selama ini secara intens membantu memenuhi kebutuhan anak anak kami, baik itu fasilitas seperti bangku, meja, seragam sekolah, sepatu, buku, dan peralatan lainnya. Kami tidak bisa bayangkan jika kami tidak bertemu Sahabat Peduli Lombok dan AL-AZHAR mungkin kondisi kami tidak akan bisa berubah”, katanya seraya mengucapkan terima kasih kepada APU dan SPL

Ungkapan senada juga disampaikan Kepala Sekolah SDN 4 Sukadana sebagai sekolah induk SD FILIAL. Ia juga mengucapkn terima kasih kepada Al-Azhar dan Tim Sahabat Peduli Lombok yang telah membantu pengadaan 3 ruang kelas belajar bagi siswa di SD filial. “Tidak ada kata kata yang mampu kami ucarkan selain rasa syukur dan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya”, katanya. (Primadona FM) -01

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru