Sosialisasi Magang Wirausaha

Pada tahun 2015 ini Kementerian koperasi dan UKM RI melalui Dinas koperasi UMKM provinsi NTB menggelar Sosialisasi Magang Wirausaha bagi 120 pemuda  se pulau Lombok dari tanggal 11 nopember sampai dengan 9 desember 2015 mendatang. Kegiatan yang merupakan tahun ke 3 sejak pencanangannya pada tahun 2013 melalui kegiatan pelatihan terpadu melibatkan 1000 orang dari unsur mahasiswa dan UMKM, calon wirausaha. Selanjutnya pada tahun 2014 melaksanakan “Spirit of Women Enterpreneurship” yang diikuti sekitar 1000 orang dari kalangan mahsiswa, pemuda  dan kelompok masyarakat terutama dari kalangan wanita.


Kepala dinas koperasi UMKM provinsi NTB Drs.H.Supran,MM saat membuka pelatihan mengatakan kegiatan magang kali ini diikuti oleh lulusan SLTA sederajat dengan usia maksimal 30 tahun dengan maksud agar para pemuda ini lebih termotivasi kepada membuka usaha atau lapangan kerja  sebagai bekal masa depan dengan melihat langsung kegiatan usaha ditempat praktek magang yakni pada lokasi usaha KUMKM yang telah di tunjuk oleh dinas yang membidangi koperasi dan UKM baik di provinsi maupun di kabupaten kota se pulau Lombok.

Lebih jauh H.Supran menjelaskan, saat ini Indonesia baru memiliki wirausaha sebanyak 1,8%, jika ingin menjadi Negara maju minimal Negara tersebut memiliki wirausaha 11% dan Negara asean lain masih di atas prosentase negara inonesia.

“ oleh karena itu dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang dibuka untuk perdagangan ekonomi bebas akhir desember 2015, maka kita harus mengejar ketertinggalan tersebut, oleh karena itu pemerintah pusat maupun daerah telah mencanangkan program kewirausahaan ini”. Kata H.Supran.

Ditambahkannya, bahwa dinas koperasi UMKM provinsi NTB sebelumnya telah mengembangkan program penumbuhan 100 ribu WUB pada tahun 2009 s/d 2013 yang tertuang dalam RPJMD, dan sekarang pada tahap RPJMD 2 dicanangkan kembali penumbuhan 5000 WUB s/d 2019 melalui sejumlah program dan kegiatan diantaranya penguatan diklat maupun bimtek bagi KUKM, bantuan peralatan pasca diklat, lapak dan gerobak usaha dimana pihak kementerian koperasi dan UKM RI juga telah mensupporting anggaran modal usaha bagai para wirausaha.


Ketua panitia kegiatan magang Hj.Dian Kartika sari, SE,MM dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini diawali dengan kegiatan Outbound atau dinamika kelompok yang dipandu oleh instruktur dari Universitas Mataram, pemaparan dari pejabat Dinas koperasi UMKM NTB dilaksanakan dari tanggal 11 s/d 12 nopember 2015 di Hotel Grand Legi Mataram, selanjutnya para peserta magang akan praktik magang selama 25 hari pada unit-unit usaha koperasi dan lokasi usaha UKM sampai tanggal 9 desember 2015 mendatang.

Adapun peserta magang yang berjumlah 120 orang berasal dari provinsi 25 orang, kota mataram 25 orang, kabupaten Lombok barat 20 orang, kabupaten Lombok utara 20 orang, kabupaten Lombok tengah 15 orang, kabupaten Lombok timur 20 orang dan pendamping untuk peserta magang sebanyak 24 orang. [] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru