Soaialisasi SPM Dikdas

KM. MASBAGIK. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk memajukan dunia pendidikan. Pemerintah Kabupaten Lombok Timur pun mengambil bagian dalam hal ini dalam rangka peningkatan kualitas dan akses pendidikan dasar melalui Program Peningkatan Kapasitas Penerapan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (PKP-SPM Dikdas), yang dilakukan selama 1 hari mulai dari pengawas, kepala sekolah hingga komite sekolah.

Yang menjadi subyek pelatihan ini yaitu Pengawas, Kepala sekolah dan guru serta Komite masing-masing sekolah. Dalam kegiatan PKP-SPM Dikdas yang diadakan di MTS Negeri Model Selong ini menginginkan agar paham akan konsep dasar SPM Pendidikan Dasar, paham akan 27 indikator SPM, paham akan peran dan fungsi komite sekolah / madrasah dan paham akan kendala dan potensi untuk pengembangan kapasitas penerapan SPM di sekolah / madrasah.

Sehingga nantinya ketika kegiatan sosialisasi ini berakhir yang diharapkan adalah agar peserta dapat menjelaskan secara singkat konsep dasar SPM Dikdas, peserta dapat menjelaskan secara singkat indicator SPM Dikdas, peserta dapat menyebutkan peran dan fungsinya sebagai komite sekolah / madrasah dalam upaya pemenuhan SPM Dikdas, peserta didik menjelaskan kendala dan potensi yang dimiliki oleh sekolah sehingga dapat memberikan masukan terhadap pemenuhan SPM Dikdas secara umum pada SD/MI dan SMP/MTs di lingkungan sekitar mereka.

Program ini terwujud berkat dukungan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Timur dengan Departeman Agama Kabupaten Lombok Timur, ADB dan European Union. Setelah acara ini selesai para peserta rapat yang terdiri dari semua Komite Sekolah Kabupaten Lombok Timur rencananya akan membuat asosiasi atau perkumpulan Komite Sekolah se-Kabupaten Lombok Timur. Mari kita tunggu saja bagaimana tindak lanjutnya, semoga berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

By_Andre D’Jails [] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru