UPT Dikpora Belo Sidak Pantau KMB

KM-Doro Keke—Kepala Unit Pegawai Tehnis (UPT) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kecamatan Belo Hamzah S.Pd melakukan sidak di sejumlah sekolah dasar (SD), baru-baru ini. Sidak bersama Pengawas TK/SD ini salah satu tujuan untuk melihat langsung kegiatan belajar mengajar di sekolah.

            “Selama enam hari kami melakukan sidak. Ini kali jadwalnya di SDN Renda 2. Sebelumya, kami sudah turun di tiap sekolah lainnya, sejak 31 Agustus lalu,” ujar Hamzah S.Pd, ditemui kampung-media.com.

            Ia mengatakan, jadwal sidak ini hanya diketahui dirinya. Sedangkan pengawas yang mendampingi, dihubungi saat mulai turun ke lokasi sekolah. Sidak ini, selain melihat langsung KBM di sekolah—juga dimaksudkan untuk melakukan penilaian kompetensi guru, terutama guru sertifikasi. “Dalam penilaian ada tiga aspek,” kata Hamzah.

            Yaitu, lanjut Hamzah, tehnik mengajar, kelengkapan administrasi dan kedisiplinan. Namun temuan hasil sidak di tiap sekolah ini tidak ada yang kompleks. Hanya saja, dalam administrasinya para guru lupa mengisi hari efektif sekolah dalam program semester. 

            Jika dalam sidak ini ditemukan ada guru yang tidak disiplin serta tidak memiliki kelengkapan administrasi, maka guru tersebut akan diberikan pembinaan. “Dan, seandainya masih melanggar, guru yang bersangkutan tidak diberikan rekomendasi untuk pencairan uang sertifikasi,” tandasnya.(erik) -05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru