SMK Negeri 1 Pringgabaya Gelar Pesantren Kilat


KM. Gerbang PaKar. Di Bulan Ramadhan tahun ini masing-masing sekolah punya berbagai cara guna meningkatkan keimanan dan ketakwaan peserta didik, salah satunya melaksanakan pesantren kilat. Seperti yang dilakukan di SMK Negeri 1 Pringgabaya, guna mengisi sisa waktu aktif belajar, pihak sekolah mengadakan pesantren kilat, hal tersebut dilakukan guna mengisi sisa waktu yang tinggal tiga hari menjelang libur bulan puasa, menurut waka kesiswaan Drs. Lalu Muhasir, waktu 3 hari dari tanggal 9-11 juli 2015 kita manfaatkan guna meningkatkan iman dak taqwa para siswa lebih-lebih dibulan suci ini.  Mamiq menambahkan kegiatan ini juga guna lebih mengakrabkan siswa baru dengan para seniornya sehingga diantara mereka tumbuh rasa persaudaraan sesama warga SMK Negeri 1 Pringgabaya.


Kegiatan Pesantren kilat ini diisi dengan berbagai kegiatan antara lain pembacaan Surat Yasin yang dilakukan oleh semua siswa, Ceramah agama seputar bulan ramadhan dan akhalaq yang disampaikan oleh guru-guru yang ada di SMK Negeri 1 Pringgabaya. Disamping kegiatan diatas, Osis yang dalam hal ini sebagai penyelenggara kegiatan pesantren kilat juga menggelar berbagai macam lomba anatara lain, Lomba Tahfiz al-Qura’an, Lomba Tadarus Al-Qur’an serta lomba Puitisasi terjemahan Al-Qur’an.

Semua kelas dilibatkan untuk mengikuti ketiga lomba tersebut, dimana masing-masing kelas mengirim 4 orang utusan,  guna menggali potensi-potensi yang ada di para siswa. Larusani siswa kelas XI MM mengaku senang dengan ada kegiatan lomba seperti ini, semoga kedepannya mata lomba diperbanyak, Larusani menambahkan saya merasa bersyukur karena tahun ini saya mendapat juara I pada mata lomba Puitisasi Terjemahan Al-Qur’an, sehingga saya tertantang untuk lebih giat lagi berlatih.


Untuk memberikan semangat dan motifasi kepada para peserta, panitia menyiapkan hadiah berupa uang tunai dan piagam penghargaan untuk juara I,II dan III semua mata lomba. Hadiah yang disiapkan mungkin nilainya relatif kecil, tapi ini semua wujud dari penghargaan kepada siswa yang berprestasi, kedepannya sekolah akan menyiapkan penghargaan bagi yang juara misalnya dalam bentuk gratis iuran Komite untuk yang mendapat juara, hal tersebut disampaikan Drs. Lalu Muhasir, pada pidato penutuban kegiatan pesantren kilat. [] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru