Kata "Pertama" yang Berkesan


Kata pertama mungkin tidak asing kita dengar dikehidupan kita sehari-hari, setiap makluk selalu menginginkan menjadi yang pertama, hal tersebut adalah manusiawi. Membahas masalah pertama, mungkin akan terasa sangat beda dan asing yang dirasakan oleh yang mengalaminya. Kata pertama yang yang saat ini disandang oleh para siswa baru, pertama kali masuk sekolah ditingkat yang lebih tinggi, pertama kali mengenal teman baru, pertama kali kenal guru baru bahkan hari pertama masuk sekolah ditahun pelajaran 2015/2016.

Hal ini lah yang dirasakan oleh semua siswa baru disemua jenjang pendidikan karena dihari pertama itulah mereka memulai aktifitasnya sebagai pelajar, siswa baru tentunya pertama kali mengenal lingkungan pendidikannnya yang baru, siswa lama pertama kali mengenal materi pelajaran yang akan diterima. 


Pada tulis ini akan dikerucutkan membahan kata “pertama” pada siswa baru, seperti diketahui siswa yang baru memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi harus mengikuti masa orientasi sekolah yang lebih dikenal dengan singkatan MOS, Khusus di SMK Negeri 1 Pringgabaya, MOS dilaksanakan selama 3 hari mulai dari hari Senin, 6/7/2015 sampai dengan Rabu, 8/7/2015, dengan berbagai macam kegiatan.

Kembali ke kata “Pertama” pertama kali sebelum memasuki semua agenda dalam kegiatan MOS pihak sekolah dalam hal ini panitia PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) melakukan upacara pembukaan MOS yang diikuti penyerahan secara sisbolis tanda pengenal dan atribut MOS kepada peserta didik baru oleh kepala sekolah baru yakni Ir. Bambang Setiaji Waluyantono, dan secara kebetulan juga beliau pertama kali seumur hidup menjabat sebagai kepala sekolah dan langsung ditempatkan di SMK Negeri 1 Pringgabaya menggantikan Drs. Sukmanul Hakim.


Pada pidato sambutan “pertama” kalinya kepsek baru berpesan akan mengembangkan sekolah besar ini (SMK Negeri 1 Pringgabaya) dengan kerjasama serta komunikasi yang baik dari semua lini, serta menitik beratkan pada masalah kebersihan dan disiplin warga sekolah.

Sebelunya yang “pertama” kali memberikan sambutan diacara pembukaan MOS tersebut adalah sambutan kepala sekolah yang lama Drs. Sukmanul Hakim sekaligus memperkenalkan kepala sekolah yang baru, tampak keduanya sangat akrab sehingga terkesan tidak terjadi pergantian pimpinan yang dirasakan oleh para guru dan siswa yang hadir diacara tersebut, karena pertama kalinya bahkan mungkin tidak akan terjadi lagi momen langka seperti ini pembukaan MOS yang dirangkaiankan dengan Serah Terima Jabatan (Sertijab) kepala sekolah.


Pada sambutan terakhirkalinya di SMK Negeri 1 Pringgabaya, Drs. Sukmanul Hakim, berpesan kepada semua warga sekolah, siapa pun pemimpin saat ini wajib untuk ditaati, serta pesan beliau janganlah membanding-bandingkan antara masa kepemimpinan yang sekarang dengan yang sebelumnya, karena masing-masing pemimpin memiliki gaya dan cara yang berbeda-beda tetapi tujuannya satu untuk mengembangkan sekolah kita tercinta ini SMK Negeri 1 Pringgabaya, Diakhir sambutannya beliau meminta maaf yang sebesar-besarnya jika selama empar setengah tahun menjabat ada kesalahan dan kehilapan.

Semoga dengan pergantian kepala sekolah yang baru memberikan penyegaran dan suasana yang baru guna kemajuan dunia pendidikan Lombok Timur khususnya SMK Negeri 1 Pringgabaya. [] - 01

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru