51 Siswa SMAN 2 Kota Bima tidak Naik Kelas

KM Nggusuwaru – Sebanyak 51 siswa kelas VII dan VIII SMAN 2 Kota Bima tidak naik kelas. Hal itu mendapat tanggapan dari Dikpora Kota Bima, bahkan pihak dinas mendukung dengan langkah yang dilakukan Kepala Sekolah.

“Langkah Imran S.Pd selaku kepala SMAN 2 Kota Bima sudah tepat, karena ini menyangkut mutu pendidikan yang dihasilkan kedepan,” ujar Kepala Dikpora Kota Bima, Drs H Alwi Yasin M.AP, Rabu (1/7).

Meskipun jumlah siswa tidak naik kelas berbanding terbalik pada tahun ajaran sebelumnya, namun hal itu tidak menjadi persoalan. Karena keputusan pihak sekolah menunda kenaikan kelas bagi siswa dinilai sudah tepat. “Diharapkan kepada setiap sekolah, agar jangan memaksakan siswa naik kelas, padahal nilainya tidak mencapai standar minimal. Apalagi ditunjang dengan absensi ketidak hadiran yang banyak,” ujar Alwi.

Untuk itu Dikpora menilai, langkah Kepala Sekolah sudah tepat, karena ini menyangkut citra dan nama baik sekolah dan daerah.  “Kita ingin menghasilkan siswa yang memiliki ilmu pengetahuan, disiplin, pintar serta tekun dalam belajar,” kata Alwi.

Alwi berpesan, langkah yang dilakukan SMAN 2 Kota Bima agar bisa ditiru oleh sekolah lainnya. Karena untuk memperoleh mutu pendidikan yang baik, harus diperhatikan empat aspek krusial. “Yaitu mulai dari proses belajar mengajar, manajemen sekolah, dukungan orang tua dan masyarakat serta diri anak itu sendiri,” jelasnya. Jika ke empat aspek ini tidak dipenuhi, maka mustahil bisa menghasilkan pendidikan yang bermutu. (AL) -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru