Sosialisasi Akreditasi Sekolah se-Lotim

KM. Sukamulia – Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia, bahkan pendidikan dijadikan sebagai salah satu acuan untuk menentukan maju atau tidaknya suatu negara. Untuk itu, negara/pemerintah bertanggung jawab untuk memperhatikan dan mengawal keterlaksanaan pendidikan masyarakat. Pendidikan akan terlaksana dengan baik apabila tempat penyelenggaraan ppendidikan (sekolah) memiliki kualitas dan kuantitas yang memadai, baik masalah sarana prasarana,  pendidik dan tenaga kependidikan dan lebih-lebih masalah proses pembelajaran, serta aspek-aspek lainnya. salah satu langkah pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan nasional adalah dengan mengakeditasi semua sekolah yang ada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Terkait dengan hal itu, tadi pagi (Selasa, 10 Juni 2015), BAN SM melaksanakan program Sosialisasi Akreditasi Sekolah/Madrasah se-Lombok Timur. Kegiatan ini dilaksanakan di Lantai III Gedung SMP Laboraturium Pancor yang berada di kompleks Pondok Pesanteren Darun Nahdatain NW Pancor. Sosialisasi Akreditasi Sekolah, ini diikuti oleh 300-an peserta yang merupakan kepala sekolah/kepala madrasah SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK se-Lombok Timur.

Kegatan sosialiasasi yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah Provinsi Nusa Tenggara Barat ini  dilaksanakan sejak pukul 08.30 wita, dimana peserta dibagi menjadi 5 kelompok, yaitu kelas yang masing-masing kelas diisi oleh satu orang tutor dengan 65 orang peserta. Suasana kelas yang sangat penuh menyebabkan kegiatan tidak bisa berlangsung dengan efektif, namun demikian setiap tutor berusaha menyajikan materi sosialisasi dengan baik sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancer dan tertib.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan maka pada pukul 12.00 wita, tutor mengahiri kegiatan dengan harapan supaya semua peserta memahami materi sosialisasi yang telah disampaikan. Oya perlu diketahui bahwa setiap peserta diberikan buku Petunjuk Teknis Pengisian Instrumen Akreditasi Sekolah dan dua eksamplar buku Perangkat Arkeditasi yang berisi Instrument Akreditasi yang harus diisi dan dilengkapi oleh dokumen pendukung setiap butir delapan setandar yang dinilai dalam kegiatan akreditasi.

Wani Juwita (tutor kelas SMK) menjelaskan bahwa tujuan utama pelaksanaan akreditasi seolah adalah supaya setiap sekolah memiliki kualitas dan kuantitas yang sesuai dengan standar pendidikan nasional Indonesia. Untik itu, setiap sekolah diwajibkan untuk mengikuti kegiatan akreditasi supaya sekolah tersebut mendapatkan pengakuan dan legalitas yang lebih kuat dari pemerintah sehingga ke depannya sekolah tersebut diharapkan akan mendapatkan pelayanan, program dan perhatian yang lebih baik dari pihak pemerintah.

Pada ahir kegiatan, belia menegaskan bahwa setiap sekolah yang mengikuti kegiatan Sosialisasi Akreditasi Sekolah ini harus mengisi buku Instrumen Akreditasi yang telah dibagikan oleh panitia penyelenggara. Secara rinci ibu Juwita menyebutkan dokumen yang harus dikirimkan oleh setiap sekolah, dokumen tersebut adalah: 1) Isian istrumen akreditasi, 2) Surat pernyataan Kepala Sekolah tentang keabsahan data dalam istrumen akreditasi, 3) Surat keputusan pendirian/oprasional sekolah, 4) Daftar jumlah siswa pada semua tingak, 5) surat kepemilikan dan foto sarana dan prasarana yang dimiliki, 6) Daftar tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, 7) Keterangan pelaksananaan kurikulum yang berlaku, dan 8) Daftar siswa yang lulus tahun ini.

Dokumen tersebut harus dikirim ke Sekertariat Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M) Provinsi NTB Jalan Pendidikan No. 19 A Kantor Dikpora Provinsi NTB, Lantai 2 Mataram, E-mail: bapsmntb@yahoo.co.id. Dokumentersebut selambat-lambatnya dua minggu setelah sosilaisasi ini dilaksanakan, tegas tutor yang santai dan komunikatif itu.

_By. Asri The Gila_[] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru