Jangan Undang Koperasi Tidak Aktif


Seperti tahun-tahun sebelumnya Dinas koperasi UMKM provinsi NTB selalu mengadakan Diklat perkoperasian mengingat jumlah jumlah koperasi setiap tahunnya terus mengalami peningkatan, jumlah koperasi sampai saat ini menurut data Diskop UMKM  NTB berjumlah 3966 unit koperasi. namun juga tidak sedikit koperasi yang tidak aktif yakni sebesar 42% atau sekitar 1227 lebih.

Kemarin pada tanggal 19 Saya membuka Diklat pengawasan dan akuntabilitas bagi pengurus koperasi se Nusa Tenggara Barat, dengan jumlah koperasi yang begitu banyak tentu akan membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk bisa dilayani seluruh gerakan koperasi oleh pemerintah daerah.

Mudah-mudahan peserta ini, sangat saya harapkan teman-teman kapala dinas kabupaten kota memilih koperasi yang memang posisi koperasi aktif. Saya sempat bertanya kepada peserta, kira-kira bapak-bapak,ibu-ibu koperasinya aktif apa tidak? seluruh peserta menjawab, Aktif.

Saya sampaikan, Kalau tidak aktif gak usah di undang, ngapain di undang karna itu ngabisin anggaran pemerintah saja, toh juga tidak dimanfaatkan ilmu yang di dapat.

Saya berharap kepada para peserta, karna waktu pelatihan hanya 4 hari efektif untuk mempelajari dasar bagaimana memahami, bagaimana muncul bentuk proses dalam melakukan transaksi dari dokumen,buku harian, pembukuan,neraca saldo dan lain sebagainya sampai bentuk laporan keuangannya.

Ada lima hal yang di perhatikan dalam akuntansi itu untuk bisa di gerakkan kemana saja, pertama kenallah yang namanya harta koperasi,hutangnya koperasi,biaya yang di keluarkan  oleh koperasi,modal yang dimiliki koperasi dan kenallah keuntangan atau SHU (Sisa Hasil Usaha) koperasi.

60 peserta dari 10 kabupaten kota ini di anggap sebagai pioner agar bisa membagi ilmunya kepada pengurus yang lain di masing-masing koperasi, tidak hanya itu kepada tetanggapun yang membutuhkan penjelasan tentang akuntansi dapat di berikan.

Diklat pengawasan dan akuntabilitas bagi pengurus koperasi se Nusa Tenggara Barat ini berlangsung dari tanggal 18 s/d 22 Mei 2015 bertempat di Balaidiklat koperasi NTB. [] - 01

 

 
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru