Penilaian Akreditasi Madrasah Ishlahul Muslimin

Pelaksanaan Penilaian Akreditasi Sekolah/ Madrasah kembali dilakukan di Madrasah Aliyah Ishlahul Muslimin Senteluk Desa Senteluk Kecamatan Batulayar Lombok Barat. Penilaian ini merupakan perbaikan dari penilaian yang sebelumnya telah dilaksanakan pada tahun 2009 silam. Sehubungan masa akreditasi yang sudah tidak berlaku lagi, secara tidak langsung untuk mencari status, sekolah atau madrasah harus melakukan proses akreditasi.

Proses akreditasi merupakan proses assessment penilaian lingkup sekolah yang melibatkan 8 (delapan) standar atau criteria yang dijadikan sebagai tolak ukur penilaian akreditasi. Standar isi, standar proses, standar kelulusan, standar sarpras standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar penilaian, serta standar pembiayaan. Untuk masing-masing standar memiliki criteria juknis yang diakan dinilai oleh assessor berupa laporan dalam bentuk fisik.

Madrasah Ishlahul Muslimin Senteluk Kecamatan Batulayar diberikan waktu kurang dari satu bulan untuk mempersiapkan hal-hal yang akan dijadikan tolak ukur penilaian. Dengan waktu yang terhitung singkat tersebut, tentu perangkat Madrasah Aliyah seperti pimpinan, Kepala Madrasah dan Dewan Guru terfokus untuk mengejar target guna mendapatkan nilai yang terbaik. Karena bagaimanapun juga, status sekolah akan sangat berpengaruh terhadap kelangsung proses kegiatan belajar dan mengajar. Dan yang lebih penting adalah, dengan status terakreditasi sekolah atau madrasah akan diakui oleh pemerintah dalam hal melakukan kegiatan pendidikan, termasuk didalamnya pemberian bantuan, pengusulan program-program yang akan direncanakan oleh sekolah atau madrasah dilihat dari status akreditasi atau belum.

Terkait dengan hal tersebut, nilai yang dikejar untuk akreditasi untuk setiap sekolah adalah nilai yang baik. Dari nilai A, B, C, D dan bahkan TT (Tidak terakreditasi). Semua sekolah menargetkan nilai terbaik termasuk Madrasah Aliyah Ishlahul Muslimin Senteluk.

Hari ini, Minggu 17 Mei 2015 bertempat di Madrasah Aliyah Ishlahul Muslimin Senteluk Penilaian Akreditasi akan dilakukan oleh assessor yang berasal dari BAN (Badan Akreditasi Nasional) Propinsi Nusa Tenggara Barat. Dua assessor yang menjadi penentu atau penilai akan melakukan assessment terhadap 8 standar wajib yang menjadi tuntutan lengkap dengan bukti fisik. Jika diperhatikan, sebenarnya yang akan dijadikan proses penilaian tersebut pada dasarnya adalah kegiatan guru selama melakukan proses pembelajaran, penilaian terhadap siswa, penentuan kelulusan, buku, berita acara serta notulen rapat, kondisi fisik gedung, keberadaan sekolah, kegiatan pendukung dan sebagainya. Akreditasi pada tahun sebelumnya, Madrasah Aliyah Senteluk mendapatkan nilai C. Untuk merubah nilai dan sehubungan dengan masa akreditasi telah tidak diakui lagi, Madrasah Aliyah Senteluk harus lebih giat untuk memfokuskan kegiatan kepada penilain khususnya 8 standar yang menjadi tagihan assessor. () -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru