HUT 11 SMKN Lingsar, Serukan Siswa Hidup Hemat

Rangkaian kegiatan HUT SMKN 1 Lingsar ke 11 ditandai berbagai kegiatan positif diantaranya Jalan Sehat, Bhakti Sosial dan Ekspresi kreasi siswa. Kegiatan diawali Jalan Sehat, Kamis (19/2) lalu diikuti seluruh keluarga besar SMKN 1 Lingsar, pelajar SD dan masyarakat di lingkungan seputar sekolah.

Jalan sehat tersebut disponsori berbagai lembaga dilibatkan termasuk Bank NTB sebagai penyandang hadiah dor price. Hadiah utama Tambora senilai Rp. 1.100.000 diperebutkan peserta yang bisa menjawab pertanyaan terkait masalah pendidikan maupun produk-produk Bank NTB. Selain itu hadiah lainnya juga banyak dipersembahkan Bank NTB termasuk hadiah pembukaan rekening baru.

Didampingi pimpinan sekolah Ruju Rahmat, S.Pd, MT, tim dari Bank NTB Cabang Gerung Hj. Bq. Alwani Uzair,  Ny. Neny dan KCP Narmada Wiwik mengajak kepada para siswa dan kalanga pendidik di SMKN 1 Lingsar ini untuk selalu hidup hemat dengan cara gemar menabung. “Gemar menabung selain merupakan pendidikan karakter para siswa,disiplin dan bernilai edukasi bagi siswa, juga sebagai bekal dan kesiapan siswa setelah mereka keluar dari sekolah. Mereka bisa memanfaatkan hasil tabungannya untuk modal usaha agar hidup mereka lebih mandiri,” ujar Alwani.       

Road Show ke sekolah-sekolah lainnya dikatakan Alwani, juga sering dilakukannya. Tujuannya tak lain bagaimana mengajak para pelajar untuk selalu berhemat dan mulai memikirkan masa depan yang lebih baik dengan cara gemar menabung. Masalahnya para pelajar saat ini lebih mengarahkan keuangannya ke hal-hal yang sifatnya konsumtif. “Lebih baik mereka membiasakan diri menabung. Jika saatnya nanti mereka perlu biaya pendidikannya, ada yang bisa diharapkan,” ujar perempuan ramah ini.

Menurut Alwani, selain bernilai edukasi dari kegemaran menabung ini, terkandung nilai pembelajaran lainnya yang bisa dipetih. Ia member contoh, dengan menabnung para siswa bisa mengetahui mengetahui proses transaksi administrasi di Bank serta proses pembuatan dan penggunaan ATM. “Bank NTB punya tiga produk tabungan. Diantaranya Tabungan Simpeda, Tabunganku dan Tambora,” jelasnya.

Ke depan Alwani berharap agar jajaran pendidikan di Lobar bisa bekerjasama dengan Bank kebanggan masyarakat Lobar ini yang lebih baik terutama para siswa. Demikian  juga kalangan guru bisa memberikan pemahaman akan kesadaran mereka untuk lebih hidup berhemat dengan cara gemar menabung kepada siswanya. “Kecuali itu juga diharapkan ada kepedulian orangtua untuk memotivasi anaknya agar hidup hemat dengan menyisihkan uang belanjanya untuk menabung,” tambahnya.

Merespon hal itu, Kasek SMKN 1 Lingsar Ruju Rahmat bersama para guru lainnya, berjanji akan mengajak para siswanya untuk gemar menabung dan menghindari hidup boros. Kecuali itu lewat para wali murid tiga produk Bank NTB akan disosialisasikannya. (Wardi) - 05

 
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru